Yesus Tak Dapat Adakan Satu Mukjizat Pun (1)

DALAM  Mrk 6:1-6, yang dibacakan pada hari Minggu Biasa XIV tahun B, diceritakan bahwa di Nazaret, di tempat asalnya sendiri, Yesus “tidak dapat mengadakan satu mukjizat pun”. Amat berbeda dengan bagian-bagian sebelumnya yang mengisahkan bagaimana ia meredakan angin ribut, mengusir banyak roh jahat dari orang Gerasa, menyembuhkan seorang perempuan, dan menghidupkan kembali anak Yairus.

Di Nazaret pengajarannya memang dikagumi dan kabar mengenai mukjizat-mukjizatnya jadi bahan pembicaraan. Tetapi orang-orang itu tidak bisa menerima bahwa dia itu cuma salah seorang dari antara mereka sendiri. Mereka sudah mengenal latar belakang pekerjaannya dan keluarganya. Tak ada yang baru! Dan mereka “tersandung olehnya” (terjemahan LAI: “menolak dia”), demikian catat Markus.

Tak mau jadi pemimpin gerakan
Kemarin kami berempat makan angin di taman Biblicum di sore yang gerah sambil berbincang-bincang mengenai kisah Markus tadi.

GUS: Orang-orang di Nazaret menyebut Yesus “tukang kayu, anak Maria”. Apa benar, seperti dikatakan beberapa penafsir, menyebut orang dengan nama ibunya zaman itu sama dengan melecehkan?

LEO: Memang rada sama dengan berkomentari si anu itu tidak sah. Jadi kurang enak di telinga pendengar Injil. Tapi itulah yang diperkatakan orang-orang di sana.

GUS: Tapi ada naskah tua Injil Markus yang berbunyi “Bukankah dia ini ANAK tukang kayu DAN Maria?

LEO: Maksudnya Papirus 45 dan beberapa naskah penting lain kan? Paham, di kalangan tertentu, nada merendahkan di atas dirasa keterlaluan. Maka diubah. Itulah yang terjadi dengan naskah-naskah itu.

GUS: Jadi seperti Mat 13:55. Di situ terbaca “Bukankah dia ini anak Yusuf? Bukankah ibunya bernama Maria?” Malah menurut Luk 4:22 orang-orang itu berkata, “Bukankah ia ini anak Yusuf?” Soal tadi dihilangkan.

LEO: Mrk 6:3 itu berdasarkan kesaksian orang-orang yang ingat betul peristiwanya. Soal lain yang berhubungan dengan itu ialah “tukang kayu”, aslinya “tektoon”. Kata ini sebetulnya tidak selalu menunjuk pada tukang mebel dan pengrajin kecil, bisa juga maksudnya “ahli teknik perkayuan” atau bahkan arsitek bangunan kayu. Eh, katanya Yesuit punya lembaga pendidikan industri kayu dengan teknologi dan manajemen canggih di Semarang.

GUS: [Heran kok Leo tahu kiat Yesuit.] Bila begitu “tukang kayu, anak Maria” tak usah dipahami sebagai ungkapan yang menunjukkan Yesus itu dari kalangan sederhana?

LEO: Ehm, itu urusan kalian. Tapi “tektoon” tidak menunjukkan status sosial sederhana. Lagipula masalahnya bukan status sosial. Kritikan mereka malah logikanya bisa begini: lha kan sudah punya kedudukan mapan – ahli bangunan kayu – kok sekarang jadi guru keliling, memang bagus, tapi…! Dalam hati kecil mereka ingin agar Yesus memenuhi angan-angan mereka sendiri, yakni tokoh yang memperjuangkan ideal umat Yahudi dulu. Intinya, mereka mau agar Yesus yang mereka kenal itu kini tampil sebagai Mesias menurut bayangan dan harapan politik orang waktu itu. Tapi Yesus tidak mengorbankan pengutusannya demi memuaskan angan-angan mereka. Karena itu mereka mulai tak menyukainya dan mau mendiskreditkannya!

GUS: Jadi orang-orang Nazaret kesandung dan menolak Yesus karena ia tak mau tampil sebagai Mesias politik?

LEO: Berkali-kali nanti Yesus menghindar agar tidak dianggap Mesias seperti itu. Bahkan murid-murid terdekatnya sendiri pun sering berpikir dia itu akan membangun kembali masa lampau negeri mereka.

NANDI: [Tiba-tiba menyela.] Menurut Luk 4:16-22, di rumah ibadat di Nazaret tadi Yesus mewartakan, pada hari itu terpenuhilah nubuat Yesaya (Yes 61:1-2 dan 58:6), yakni bahwa Roh Tuhan turun ke atas dirinya dan mengurapinya – menjadi Mesias yang menyampaikan Kabar Baik bagi kaum miskin. Ia menyadari dirinya diutus untuk melepaskan orang tawanan, memberi penglihatan kepada orang buta, dan membebaskan kaum tertindas, dan mewartakan datangnya tahun rahmat dari Tuhan. Bukan untuk jadi pemimpin pergerakan Mesianik.

GUS: Tapi orang-orang yang takjub akan uraiannya itu akhirnya juga menolaknya

NANDI: Malah lebih seram lagi. Lukas menceritakan, mereka mau memaksanya bermukjizat dan mempertontonkan kuasanya sehingga bisa diikuti banyak orang. Tapi Yesus tetap tak mau. Mereka marah dan malah mau membantingnya ke jurang agar ia membuat mukjizat bagi diri sendiri tak mati dihempas ke jurang. Syukur ia berhasil melepaskan diri dari masa yang lupa daratan itu.

ANGIE: Benar, Yesus tidak mau dijadikan pemimpin gerakan yang punya ilmu gaib. Itu bakal mengaburkan yang dibawakannya dari atas sana.

5 pencarian oleh pembaca:

  1. bahan khotbah dr mazmur 132:11-18
Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.