Yesus Kristus Menganugerahkan Roh Kudus dan Damai-Sejahtera

Holy_Spirit_as_Dove_(detail)

Minggu, 12 April 2015
Pesta Kerahiman Ilahi
Kis 4:32-45; Mzm 118:2-4,16ab-18,22-24; 1Yoh 5:1-6; Yoh 20:19-31

“Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu…. Terimalah Roh Kudus..”

INJIL  hari ini mewartakan kepada kita bahwa pada petang hari, hari pertama minggu itu, para murid berkumpul di suatu rumah dengan pintu-pintu terkunci. Mereka takut kepada para pemimpin Yahudi.

Tiba-tiba Yesus datang dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, “Damai sejahtera bagi kamu.” Sambil berkata demikian, Yesus menunjukkan bekas luka pada tangan dan kaki-Nya. Para murid bersukacita melihat Tuhan. Yesus berkata lagi, “Damai sejahtera bagi kamu. Seperti Bapa mengutus Aku, demikianlah Aku mengutus kamu.” Yesus Kristus juga menghembuskan Roh Kudus kepada mereka.

Sebagaimana kita ketahui dengan baik, setelah para murid melihat makam Yesus kosong dan mendapat berita tentang penampakan-Nya kepada para perempuan, mereka masih lemah dalam iman dan masih takut kalau-kalau mereka juga ditangkap oleh para pemimpin Yahudi. Yesus yang bangkit menampakkan diri kepada mereka dan menunjukkan bekas luka-luka-Nya. Yesus meneguhkan dan menenangkan mereka dengan damai dan Roh Kudus.

Yesus Kristus tidak hanya memberi mereka damai dan meneguhkan mereka, tetapi juga mengutus mereka untuk mewartakan sukacita Injil ke segala ujung bumi. Mengagumkan, Yesus melakukannya karena cinta dan kepercayaan kepada mereka. Ia mengutus mereka kendati mereka lemah.

Sama seperti Yesus Kristus mengutus para murid-Nya, demikian juga Ia memanggil dan mengutus kita. Yesus juga memberikan damai sejahtera dan Roh Kudus kepada kita. Roh Kudus menganugerahkan hidup, daya, sukacita dan keberanian kepada kita sebagai murid-murid-Nya juga.

Dalam Adorasi Ekaristi Abadi, kita mewartakan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Allah yang secara pribadi menyapa kita. Kita menyembah Dia, “Ya Tuhanku dan Allahku”. Ia menawarkan kepada kita hidup baru dalam Roh Kudus hingga kita mengenal-Nya secara personal dan berjalan dalam cara hidup baru berkat Roh Kudus-Nya yang memberi kita hidup baru, harapan dan sukacita.

Tuhan Yesus Kristus, melalui kemenangan-Mu atas dosa dan maut, Engkau mengalahkan kuasa dosa dan kegelapan. Bantulan kami untuk dekat dengan-Mu dan percaya akan kehadiran-Mu dalam Adorasi kini dan selamanya. Amin.

Loading...

Published by Renungan Iman Katolik

Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.