Yang Membuat Kita Bahagia Saat Melihat Sesuatu

mendengarkan

“Berbahagialah yang Melihat dan Mendengarkan.”   

TERNYATA tindakan biasa dan sederhana seperti melihat dan mendengarkan bisa membuat kita bahagia. Apa betul aksi melihat dan mendengarkan yang membuat bahagia atau obyek yang dilihat dan didengarkan yang membuat kita bahagia?

Aksi melihat dan mendengarkan terjadi secara spontan. Namun yang mengesankan adalah kesanggupan untuk menangkap dan menyerap apa yang dilihat dan didengarkan. Yang membuat hati bahagia terutama karena mata dan telinga menangkap sesuatu yang bernilai.

Sesuatu yang bernilai itu seperti apa? Apa yang dilihat dan didengarkan yang membuat hati bahagia? “Sekarang Tuhan biarkan hamba berpulang… Sebab mataku telah melihat keselamatan…”(Luk.2:30) .

Melihat keselamatan dan mendengarkan kabar keselamatan itulah yang membahagiakan. Dua hal jadi kunci kebahagian yakni sikap/disposisi batin untuk melihat dan mendengarkan (aksi)  serta kehadiran keselamatan (obyek).

Dalam hal ini kita bisa katakan sesungguhnya yang lebih berbahagia adalah mereka yang menghadirkan keselamatan untuk mata yg melihat dan telinga yang mendengarkan. Maka tidaklah lengkap kebahagian karena melihat dan mendengarkan warta keselamatan.

Kebahagian seperti itu menjadi sempurna kalau kita menghadirkan keselamatan bagi yang melihat dan mendengarkan. Tidak cukup menjadi pendengar sabda yang baik. Disposisi seperti itu baru mendapat arti yang utuh apabila pendengar sabda menjadi pelaku/pelaksana sabda. Sabda keselamatan yang didengarkan dihayati dalam hidup.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.