Walking among the Giants in Tahune Forest Reserve, Geveeston of Tasmania (26)

APA yang bisa ditawarkan Tahune Forest Reserve, sekitar 29 km  di luar kota kecil bernama Geveeston di Pulau Tasmania, Australia? Begitu kurang lebih pertanyaan saya, ketika harus membayar mahal kurang lebih 26 AUD per kepala untuk memasuki kawasan ini.

Tahune AirWalk Forest memang menjadi pesona utama di kawasan hutan lindung ini. Berjalan di atas ketinggian pucuk pepohonan, jauh tinggi di atas daratan dan aliran sungai yang mengalir deras menjadi sensasi tersendiri di luar Geveeston ini.

Among the Giants

Namun, sejatinya Tahune Forest Reserve juga menyimpan keindahan alam berikutnya, selain ‘jalan-jalan di udara’ melintasi puncak ketinggian pucuk pepohonan.  Justru di daratan dengan menyusuri lekuk-lekuk hutan di Tahune Forest Reserve inilah, yang namanya keaneragaman flora dan fauna menjadi nyata.

tahune_airwalk_aerials_041

Mereka menjual mimpi dengan sebutan “Walking among the Giants”.

Tapi, seberapa besarkah pepohonan yang mereka sebut dengan gagah: the Giants? Usai menyusuri jalan melayang di atas awang-awang mengikuti alur trek “AirWalk”, kami bertiga menyusuri jalan kecil masuk hutan. Lebih layak disebut dengan jalan setapak di tengah hutan lebat daripada sebuah jalan beneran di Tahune Forest Reserve ini.

Namun, yang namanya destinasi wisata dengan tata kelola yang bagus dan profesional, jalan-jalan setapak menuju kawasan Tahune Forest Reserve ini tetap nyaman dipijak. Meski harus hati-hati menyusuri jalanan yang licin di kala hujan membasahi bumi, tapi di Tahune Forest Reserve ini perjalanan menyusuri kawasan hutan sekitar 45 menit terasa nyaman.

Tahune among the giants 2

Nah, itu karena kami bertiga berjalan di antara “the Giants” yang tak lain adalah ratusan koleksi pepohonan khas Australia yang umurnya konon sudah mencari 400-an ribu tahun.

Jadi, jangan tanya seberapa tinggi pohon tua ini? Wuh, sangat-sangat tinggi karena sejauh mata memandang juga tak sanggup mencapai pucuk pohon ini.

Lalu, seberapa besar ‘tubuh’ pepohonan raksasa ini? Bisa jadi 4-5 orang dengan tangan saling berpegangan satu sama lain, namun pohon yang teramat bongsor ini tetap saja tidak bisa direngkuh oleh jalinan tangan-tangan manusia.

Sesuai umurnya yang konon sudah ratusan tahun, maka pohon-pohon raksasa ini dengan gagah pula memamerkan keperkasaan ‘tubuh’nya yang teramat gede.

tahune 1

Ketika kami bertiga menyusuri kawasan hutan lindung di Tahune Forest Reserve di luar Geveeston akhir tahun 2013 lalu, cuaca lagi tidak bersahabat. Hujan deras menerpa kawasan ini, setidaknya beberapa kali sewaktu kami berada di jalur AirWalk dan berikutnya ketika menyusuri jalan setapak di hutan lindung.

Untuk sebuah perjalanan dengan kisaran nilai karcis tak kurang dari  Rp 850 ribu untuk tiga orang, jelaslah perjalanan menuju Tahune Forest Reservation di luar kota kecil Geveeston ini merupakan harga yang teramat mahal untuk perjalanan wisata alam. Apalagi sepanjang berwisata selama kurang lebih 3 jam di kawasan ini, hujan lebat senantiasa mengintip kenyamanan kami.Tahune the giant tree

Eksplorasi fotografi tidak berhasil terjadi secara maksimal. Belum lagi harus bertahan dalam kedinginan di lembah Huon Valley yang sangat murah hati dengan hembusan angin dinginnya.

Tapi, mana ada daerah di Pulau Tasmania yang tidak super sejuk alias dingin sekali, bahkan sekalipun di musim panas seperti bulan Desember?

Tasmania –khususnya di Tahune Forest Reserve—memanglah  ruang hijau nan luas dengan udara super bersih dan namun juga sangat dingin. Yang suka dingin-dingin empuk, barangkali di Tahune Forest Reserve inilah tempatya, karena lidah bisa memanjakan diri dengan steak atau pie.

Photo credit: Ilustrasi (Ist)

Tautan: 

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.