Vlog untuk Generasi Milenial

Vlog untuk generasi milenial
Vlog untuk Generasi Milenial 0By John L. Wujon onAugust 15, 2016Urbi

ADA banyak jenis blog yang didasarkan pada kontennya. Misalnya, vlog, phlog, audio blog, microblog, dan masih banyak lagi. Tapi kali ini, kita mau bahas salah satu jenis blog, yaitu vlog. Kenapa vlog? Soalnya vlog ini lagi ngetren. Saat ini juga banyak sekali vlogger-vlogger yang eksis dan terkenal seperti Andovi da Lopez. Kamu mau jadi seperti dia? Makanya kamu harus tahu dulu apa itu Vlog.

Apa itu Vlog?

Setelah dilakukan penelusuran di Urban Dictionary, diketahui Vlog artinya sebuah video dokumentasi jurnalistik yang berada di dalam web yang berisi tentang hidup, pikiran, opini, dan ketertarikan. Jadi semacam TV. Tapi ini versi sederhananya. Hanya saja,  jangan dikira bikin vlog itu gampang, meskipun tidak sesulit program TV.

Kamu bisa kok bikin vlog dengan peralatan seadanya dengan menggunakan handphone. Apalagi saat ini handphone sudah canggih-canggih dan punya resolusi kamera yang besar. Namun perlu diingat, vlog beda sama blog biasanya karena kamu diharuskan bisa ngomong di depan kamera dan membuat video itu menarik buat banyak orang.

Sejarah Vlog

Dimulai dari seseorang bernama Adam Kontras yang memposting sebuah video bersama dengan entri blognya pada tahun 2000. Dan di tahun yang sama pada bulan November, Adrian Miles memposting video yang mengubah text pada gambar diam dan menggunakan kata vlog yang merujuk pada video blog yang ia posting. Dan di tahun 2004, Steve Garfield meluncurkan video blognya sendiri dan menyatakan bahwa tahun itu adalah tahunnya video blog. Nah, sejak saat itu mulailah dikenal yang namanya vlog.

Pendiri Volg, Adam Contras/foto: http://www.loop.co.id/Pendiri Volg, Adam Contras/foto: http://www.loop.co.id/

Vlog meningkat popularitasnya mulai awal tahun 2005. Yahoo! Videoblogging mengalami peningkatan anggota secara drastis. Dan di tahun itu juga, situs video sharing, YouTube muncul. Dan dalam sekejap, YouTube mendapat peringkat 5 website yang paling banyak dikunjungi.

Fenomena Vlog di Indonesia

Awal kemunculan vlog di tahun 2005, Indonesia belum mengenal Vlog sama sekali. Tapi baru-baru ini, apalagi sejak tahun 2014, sudah banyak vlogger-vlogger Indonesia yang menunjukkan batang hidungnya. Sebut aja channel vlog skinnyindonesian24 punya Andovi da Lopez, Sacha Stevenson, Raditya Dika, Aaron Shahab, dan masih banyak lagi. Mereka selalu menyajikan video-video lucu dan menarik yang siap menghibur anda.

Bukan hanya di YouTube, sekarang ini juga viral vlog bisa dilakukan di Instagram. Sebut saja salah satu akun yang selalu menyajikan video lucu seperti indovidgram dan chandraliow. Hanya saja kalo di Instagram, videonya terbatas dalam durasi 15 detik.

Nah gimana sekarang? Kamu  tertarik buat bikin vlog dan jadi vlogger terkenal seperti nama-nama yang telah disebutkan tadi? Then, let’s start your own vlog. 

========

Diolah dari berbagai sumber.

 

 

 

 

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.