Uskup Ketapang yang Baru

Tepat pada hari ulang tahun ke-72 Keuskupan Agung Semarang, Senin 25 Juni 2012, Bapa Suci Benediktus XVI telah menunjuk Pastor Pius Riana Prapdi, Pr, Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang, menjadi Uskup Ketapang menggantikan Bapa Uskup Blasius Pujaraharja yang pengunduran dirinya sebagai Uskup Ketapang (karena sudah berusia 75 tahun) sudah dikabulkan Bapa Suci.

Pastor Riana Prapdi yang baru berusia 45 tahun ini dilahirkan di Painiai, Papua dan ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1995. Beliau pernah studi di Roma dan berkarya dalam bidang pastoral serta pernah menjadi Direktur Caritas Keuskupan Agung Semarang. Beliau juga pernah menjadi administrator Dioses Keuskupan Agung Semarang ketika Mgr. I. Suharyo berpindah ke Jakarta karena mendapat tugas ditunjuk menjadi Uskup Agung Jakarta. Jabatan Gerejawi terakhir yang diembannya adalah sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang.

Pastor Riana Prapdi, Pr akan bertugas sebagai uskup di Keuskupan Ketapang, Kalimantan Barat. Keuskupan Ketapang merupakan sebuah keuskupan sufragan dari Keuskupan Agung Pontianak. Dengan luas wilayah sebesar 34.600 km persegi, dengan jumlah umat katolik sebanyak 101.593 jiwa dari total populasi 543.314 jiwa, Pastor Riana Prapdi akan dibantu oleh sekitar 30 pastor dan 91 biarawan/biarawati di dalam menjalankan tugas penggembalaan pastoral umat katolik di Keuskupan Ketapang. Selamat kepada Bapa Uskup tertunjuk yang baru sebagai Uskup Ketapang. Semoga Tuhan memberkati.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: