Uskup Baru Keuskupan Malang: Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm, Teolog Biblis

Uskup Keuskupan Malang Mgr. Herman Joseph Pandoyoputro mengumumkan Pastor Prof. Dr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm sebagai Uskup Baru Keuskupan Malang. (Romo Michael Agung Christiputro O.Carm)

USKUP  terpilih untuk Keuskupan Malang di Jawa Timur yakni Romo Prof. Dr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm adalah seorang teolog ahli kitab suci. Sehari-harinya, belia menjadi dosen Kitab Suci di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana, sekolah pendidikan untuk para calon imam lintas diosesan dan tarekat religius di Malang.

Baca juga:  Breaking News: Romo Prof. Dr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm, Uskup Baru Keuskupan Malang

Di Majalah Hidup, Mgr. Henricus Pidyarto mengasuh rubrik tanya jawab bertitel Umat Bertanya, Romo Pid Menjawab.

Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm akan mengganti seniornya di Ordo Karmelit yakni Mgr. Herman Joseph Sahadat Pandoyoputro O.Carm sebagai Uskup baru Keuskupan Malang.

Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm (kanan) bersama kakak kandungnya yang juga seorang pastor Karmelit: Alm. Romo Anton Gunawan O.Carm yang meninggal di bulan Oktober 2015 lalu. (Ist)Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm (kanan) bersama saudara kandungnya (kakaknya) yang juga seorang pastor Karmelit: Alm. Romo Anton Gunawan O.Carm yang meninggal di bulan Oktober 2015 lalu. Mereka berdua menerima tahbisan imamatnya pada tahun yang sama. (Ist)

Karena usia sudah melebihi 75 tahun –batas resmi Uskup boleh mengajukan pensiun–, Mgr. Pandoyoputro menjadi gembala sekaligus pemimpin Gereja Katolik Keuskupan Malang sejak tahun 1989 hingga tahun 2016. Mgr. Pandoyoputro menggantikan pejabat lama Mgr. FX Hadisumarta O.Carm sebagai Uskup Keuskupan Malang, setelah Mgr. Hadi yang pernah menjabat Ketua KWI menyatakan bersedia dipindahkan dan ditugaskan menjadi Uskup untuk Keuskupan Manokwari-Sorong (KMS) di Papua Barat.

Hingga berita ini dirilis, belum ada pengumuman resmi tentang kapan dan dimana Mgr. Prof. Dr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm akan menerima tahbisan episkopalnya.

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.