“The Monkey King”, Sun Wukong Melabrak Khayangan

< ![endif]-->

SUN Wukong (Donnie Yen) –nama kera jantan yang sering narsis—ini terhasut oleh keinginan memiliki aji ampuh bisa menghidupkan mahkluk yang mati. Ia diperdaya oleh Bull Demon King (Aaron Kwok) yang ambisius ingin merebut pengaruh di Khayangan di bawah kendali Jade Emperor (Chow Yun-fat).

Awalnya, Sun Wukong manut saja. Maka, dia melabrak marah Khayangan dimana Kaisar bertahta. Namun, begitu menyaksikan gurunya menjadi sekarat oleh hantaman Bull Demon King, Sun Wukong menjadi sadar, dirinya sebenarnya diperalat oleh Raja Iblis yang ambisius ini.

Menyaksikan film ini ibarat membaca buku filsafat China. Terutama garis pemikiran antara kekuatan yang baik dan buruk: mana yang akhirnya menang?

Diangkat dari khasanah sastra klasik China yang berjudul Perjalanan menuju ke Barat karya sastrawan Wu Cheng’en pada era kekuasaan Dinasti Ming, The Monkey King adalah protet kehidupan manusia, dewa, dan binatang dimana kekuatan baik dan jahat senantiasa saling mencuri kesempatan untuk memengaruhi kehidupan.the-monkey-king-2014-_1386710847

Bahkan panglima khayangan Erlang Shen (Peter Ho) yang semula hidupnya lurus-lurus saja tiba-tiba bisa berbalik arah menjadi jahat seratus persen karena tipu muslihat Iblis.

Aaron Kwok yang biasanya tampik klimis dan cakep, maka dalam film ini sengaja dikasting memperlihatkan ganasnya ambisi manusia akan kekuasaan.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.