“The Expatriate”, Perang Saudara di CIA

DALAM dunia telik sandi, tetapi khususnya untuk mengejar target operasi demi kepentingan nasional, tak jarang black ops sering kali dilakukan. Entah itu menggunakan kekerasan dengan pembunuhan berdarah-darah atau malahan menggunakan dana illegal bisa dilakukan, asalkan demi “kepentingan nasional” tercapai. Namun apa lacur, yang namanya manusia selalu saja tidak bisa melepaskan diri dari jerat kemaruk dengan harta (uang).

Inilah yang menimpa Ben Logan (Aaron Eckhart). Bapak seorang gadis remaja ini adalah agen senior CIA di lapangan, namun akhirnya terdepak dari lingkaran dalam badan intelijen AS lantaran dianggap terlalu tahu ‘isi perut’ berbagai black ops yang pernah dijalankan Langley, Virginia –markas besar CIA.

Dalam kesehariannya mencari kehidupan di Antwerpen, Belgia –karenanya disebut ‘orang asing’ (the expatriate)—Ben bekerja sebagai konsultan ahli di sebuah perusahaan gede bidang jasa keamanan. Namun sekali waktu karena keberhasilannya memindai adanya pelanggaran  hak cipta pada alat yang diproduksi perusahaannya itu ternyata dimanfaatkan pihak lain, Ben malah harus ‘dikunci’ baik dari dalam maupun dari luar.

Seluruh data personal tiba-tiba lenyap. Kantornya pun ‘dibuat’ lenyap dalam sekejap. Di balik semua itu, ternyata gerakan ‘membasmi’ telah dilakukan oleh Langley karena tak ingin seluruh jaringan kerja black ops terbongkar gara-gara Ben. Gerakan pembersihan segera dilakukan, karena para petinggi CIA yang korup tak ingin black ops itu muncul ke permukaan hingga tercium oleh media/pers.

Untuk kepentingan strategis guna menyelamatkan muka inilah, Langley mengutus Anna Brandt (Olga Kurylenko) –perwira senior CIA sekaligus mantan pacar Ben—untuk menjalankan operasi pembersihan di Belgia. Target utamanya tentu saja melenyapkan Ben.

Dibantu oleh agen-agen lapangan CIA di Belgia dan beberapa mesin pembunuh profesional, Ben diburu di segala penjuru. Tak terkecuali Amy Logan (Liana Liberato) –putri semata wayangnya—yang amat pemberontak. Pada situasi kepepet inilah, Ben terpaksa membuka diri mengisahkan siapa dirinya dan selama ini bekerja untuk siapa: agen CIA yang tak pernah luput dari aksi berdarah-darah.

The Expatriate ITALIANUntunglah, di beberapa penjuru Belgia ini ada komunitas Mahgrébiens (orang-orang Afrika beretnis Arab). Justru warga keturunan Arab inilah yang akhirnya menolong Ben dan Amy saat harus bersembunyi dari kejaran agen-agen CIA yang menghendaki kematian mereka. Meski, pada akhirnya ‘perang saudara’ antar agen-agen CIA ini membuat banyak warga keturunan Arab ini menjadi korban.

Di Amerika, film ini diberi judul Erased. Sementara kita mengenal film besutan sutradara Philipp Stölzl sebagai The Expatriate. Sebagai tontonan jenis thriller action, film ini menunjukkan kelasnya alias ciamik.

Loading...

Published by Renungan Iman Katolik

Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.