Terima Kasih, Tuhan: “Pastores Dabo Vobis”

SEKARANG ini, saya bersama Mas Yono, Vikjen KAS Mgr. Pius Riana Prabdi Pr tengah dalam perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta. Baru saja Ambarawa kami lewati. Sepanjang perjalanan ini, saya ingat peristiwa iman yakni Perayaan Ekaristi Tahbisan Uskup Bandung di Sabuga, empat tahun yang lalu, 16 Juli 2008.  Saya haturkan terimakasih atas dukungan para Romo  dalam wujud perhatian, doa dan kerjasama  saling melengkapi yang saya alami selama ini.

Hari ini, 16 Juli 2012, jam 10.30 kami mengadakan perayaan ekaristi syukur di kapel rumah uskup bersama dengan para keluarga yang ‘caos dhahar romo’,  para karyawan serta suster dan bruder komunitas religius tetangga kami. Mereka adalah ‘alma mater’, yang artinya ‘bunda yang memberi makan’ kepada kami, para romo anggota Kuria KAS.

Secara tak terduga, karena sedang ada acara di Jawa Tengah, Romo Eko OSC dan seorang anggota Panitia Tahbisan Uskup Bandung tahun 2008 juga berkesempatan bisa  menghadiri perayaan ekaristi tersebut.  Syukurlah, puji Tuhan.

Pada kesempatan ekaristi tersebut kami berdoa, agar kepada Keuskupan Bandung Tuhan mengutus gembala, karena Tuhan Sang Gembala, berjanji, “Pastores dabo vobis!”

Itulah yang telah terjadi untuk Keuskupan Ketapang.

Mgr. Pius Riana telah dianugerahkan Tuhan kepada umat katolik Keuskupan Ketapang. Kita berdoa juga agar persiapan dan pelaksanaan tahbisan Uskup Ketapang bisa terlaksana dengan baik.

“Pastores dabo vobis”, akan tergenapi juga dengan tahbisan imam yang akan terjadi dalam pekan ini.

Hari Selasa, 17 Juli 2012, dua calom imam MSF akan ditahbiskan imam; Juga pada hari Kamis tanggal 19 Juli, para frater diakon SJ juga akan menerima tahbisan imamat.

Saya berharap semoga tahbisan imam-imam tersebut menjadi peristiwa iman yang meneguhkan semua imam untuk membangun dan mengembangkan “communio presbyterorum” Keuskupan Agung Semarang. Itu agar hidup dan pelayanan kita semakin menjadi berkat bagi siapa pun.

Surat ini dikirimkan pada jam 21.10  dalam perjalanan Semarang-Yogyakarta, ketika kami sampai Pingit setelah melewati Bedono.

Salam, doa ‘n

Berkah Dalam,

+ Johannes Pujasumarta

Photo credit: Ilustrasi berkat pertama dari imam baru (Kolsani)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.