Telor dan Wiski, Oleh-oleh Ratu Elisabeth II untuk Paus Fransiskus

Ratu Elizabeth (87) yang naik tahta sejak tahun 1952 terhitung telah bertemu dengan lima Paus selama hidupnya, mulai dari Paus Pius XII sampai akhirnya Kamis (3/4) bertemu Paus Fransiskus di Vatikan. Pertemuan ini tentu bersejarah mengingat Ratu Elizabeth sebagai pemimpin tahta kerajaan Inggris sekaligus merupakan Kepala Gereja Anglikan.

Pangeran Phillips, suami Ratu Elizabeth turut hadir dalam pertemuan yang berlangsung selama 17 menit tersebut. Ini merupakan kunjungan sehari Ratu Elizabeth dalam rangka memenuhi undangan dari Presiden Italia dan sekaligus diatur pertemuan dengan Tahta Suci.

Tukar kado
Tidak dijelaskan apa isi pertemuan kedua tokoh dunia tersebut. Berita dari berbagai kantor berita dunia malah menonjolkan mengenai hadiah yang diberikan oleh Ratu Elizabeth kepada Paus Fransiskus, sebagian merupakan makanan hasil produksi dari lahan kerajaan. Hadiah yang berjumlah 18 jenis tersebut mencakup dua buah foto pasangan kerajaan tersebut dalam bingkai perak yang telah ditandatangani, selusin telur, sebotol wiski, sabun aromaterapi buatan tangan, dan beragam makanan seperti kue kering, madu, selai, manisan, dan jus apel.

Hadiah Paus Fransiskus un tuk Pangeran George (foto:SMH)

Hadiah Paus Fransiskus un tuk Pangeran George (foto:SMH)

Sebaliknya Paus Fransiskus menghadiahi cicit Ratu Elizabeth, Pangeran George yang baru berusia delapan bulan, sebuah bola biru terbuat dari batu lapis lazuli, di bagian atasnya terpasang sebuah salib perak Santo Edward. Santo Edward merupakan Raja Inggris abad ke-11 yang diangkat menjadi santo. Pada bagian bawahnya terukir kalimat “Pope Francis, to His Royal Highness Prince George of Cambridge”.
Ketika menyambut hadiah tersebut, Ratu berkata, “dia akan gembira sekali mendapat hadiah ini.” Dan terdiam sejenak sebelum melanjutkan, “ketika dia sudah agak besar.”

Kedua pasangan kerajaan itu juga mendapatkan salinan dekrit Paus Innocentius XI yang berisi pengangkatan Raja Edward sebagai Santo di tahun 1679.

queen-elizabeth-pope-francis-482282079

Untuk Pangeran Phillips diberikan hadiah tambahan berupa tiga medali kepausan: emas, perak, dan perunggu. Dengan rasa humornya Pangeran Phillips menyambut hadiah tersebut ,”Ini satu-satunya medali emas yang pernah saya menangi.”

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.