Tasmania di Antara Palka dan Tiang Layar (15)

< ![endif]-->

HARI-hari ini, Ibukota Hobart di Negara Bagian Tasmania di bagian paling selatan Benua Australia lagi heboh. Bukan karena ada kerusuhan sosial atau apa, melainkan ada hajatan sport tahunan yang besar yakni perlombaan perahu layar menempuh jalur Sydney menuju Hobart.

Untuk sebuah hajatan sport sangat bergengsi ini, sebuah jam tangan terkenal dengan harga mahal dan seni artistiknya berani menjadi sponsor tunggal. Di Watermans Dock dan kawasan docking untuk kapal-kapal pesiar di Hobart tak jauh dari Murrays Street dekat Salamanca Market, umbul-umbul bendera Syd-Hob Race ini berkibar dengan cantiknya mengikuti alur angin yang berhembus dari kawasan semenanjung Hobart.

Tiang-tiang kapal layar berikut palka banyak menghiasi kawasan wisata bahari ini.

Hobart di antara tiang layar

Sudah sedari malam, kesibukan luar biasa terlihat di sini. Para awak kapal terlihat sangat memanjakan kapal-kapal layarnya. Beberapa yacht yang diparkir agak menjorok ke dalam semenanjung juga terlihat cantik menawan karena di situ pula ada kehidupan penuh warna.

Yacht alias kapal pesiar ukuran kecil tentu saja menjadi pertanda bahwa di situ ada orang berduit yang suka memanjakan diri dengan hembusan angin, enaknya berjemur di bahwa terik matahari pada summer time, persediaan wine dalam skala besar dan tentu saja tamasya air.

Palka dan tiang-tiang kapal layar menjadi penanda indah bahwa di Hobart di Pulau Tasmania ini menjadi sentra penting dari dan kemana para aficionados wisata bahari ini pergi dan berasal.  Menjelang siang hari, mata saya terpaku pada hebatnya seorang pemudi bule yang berani memanjak palka kapal layar di ketinggian untuk menyiapkan layar guna meninggalkan pelabuhan menuju samudera bebas.Hobart gadis di tiang layar

Di ujung sana ada kapal pesiar raksasa juga tengah melakukan docking. Tentu bukan untuk keperluan reparasi, melainkan lebih memberi kesempatan bagi ribuan penikmat wisata bahari ke Tasmania untuk sedikit berhura-hura di daratan pulau yang terletak di ujung paling selatan Benua Australia ini. Dengan benderanya yang sangat khas, kapal dengan nama Seabourn Odyssey ini kiranya berasal dari kawasan Nordic di Eropa Utara. Bisa jadi dari Denmark atau Finlandia.

Kapal layar, yacht dan kapal pesiar raksasa adalah denyut nadi kehidupan mewah di Pulau Tasmania.

Kesan itu tidak hanya ada di Hobart, melainkan juga di sepanjang jalur Hobart menuju kota-kota di luar Ibukota Negara Bagian Tasmania ini. Lihat saja di kawasan Huonville menuju Dover –terutama di sepanjang alur pantainya—banyak kapal-kapal layar bersemayam indah di kawasan ini. Sebagian menikmati pelayarannya menuju tengah samudera. Sebagian tengah bersandar.

Hobart bendera race dan kapal pesiar Seabourn Odyseey Nassau

Karena itu, jalur lalu-lintas dari Hobart menuju Huonville dan Dover hari-hari menjelang tutup tahun 2013 menjadi lebih ramai dibanding hari-hari sebelumnya. Itu karena banyak orang melewatkan Christmas Season ini dengan berlibur ke pantai sembari membawa kapal-kapal kecil yang mereka tarik dengan mobil mereka.

Sungguh, palka dan tiang-tiang kapal menjadi irama yang indah di Hobart pada hari-hari summer time di akhir tahun 2013 ini.

Hobart langit biru di Watermans DockHobart kapal layar kuning

Photo credit: Perahu layar dan kapal pesiar di pelabuhan Hobart (Mathias Hariyadi)

Tautan:

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.