Syarat Mengikuti Yesus, Mrk 8:34-39

< ![endif]-->

Yesus memanggil orang banyak dan berkata kepada mereka: “Setiap orang yang mau mengikuti Aku, harus menyangkal diri, memikul salibnya dan mengikuti Aku. Karena barang siapa mau menyelamatkan nyawanya, akan kehilangan nyawanya, tetapi barang siapa kehilangan nyawanya karena Aku dan Injil akan menyelamatkan nyawanya.”

YESUS memanggil murid-murid dengan kata-kata:” Berjalanlah di belakangKu” (deute episo mou). Ini dikatakan  setelah Yesus membeberkan bahwa DiriNya harus menderita sengsara dan wafat.

Maka dalam konteks ini wejangan Yesus itu bisa ditafsirkan demikian: “Hai murid-murid-Ku dan semua orang yang mau mendengarkan Aku, mari datanglah kepada-Ku untuk mendengarkan wejangan-Ku yang khusus. Aku sering mengajar kamu, tetapi setelah Aku memberi-tahukan masa-depan-Ku, Aku ingin bicara kepadaMu tentang sesuatu yang Kuanggap penting dan menentukan, yaitu tentang jalan-hidup-Ku sendiri dan tentang jalan hidup semua orang yang mau mengikuti Aku, Akan kubentangkan dihadapan kamu sekalian rahasia hidup  dalam arti  sepenuh-penuhnya.  Sebab hasrat-Ku hanya satu saja, yaitu agar kamu sekalian dengan mengikuti Aku, sungguh-sungguh hidup dan bukan hidup asal hidup saja”.

Maka syaratnya ini:

  • Menyangkal diri. Yesus menjelaskan bahwa hidupNya sangat tergantung dari kehendak Allah Bapa. KeallahanNya Ia tinggalkan dan Ia rela menjadi manusia dan rela menerima risiko yang terberat, yaitu mati disalib dan dihina di depan umum. Maka bagi kita yang menyangkal diri yaitu menganggap bahwa diri kita tidak begitu penting, rendah hati, dan kita  mau melepaskan apa yang kita pandang paling berharga dalam hidup kita, untuk melaksanakan kehendak Tuhan.Memanggul salib by Diaconosunblogfr
  • Memanggul salib: yaitu melaksanakan kehendak Tuhan. Bukan soal melaksanakan pekerjaan yang berat, tetapi mau berkorban dan mengatasi kesulitan dan tantangan untuk melaksanakan kehendak Tuhan.Contohnya: Ada orang yang tidak mau mengampuni orang yang telah melukai hatinya, tetapi karena perintah Tuhan kepada para pengikutnya agar mau saling mengasihi dan mengampuni yang bersalah, maka orang itu memutuskan untuk memanggul salib Tuhan dengan mengampuni orang yang telah melukai hatinya. Atau pernah ada orang sebenarnya malas ke Gereja, tetapi mengingat bahwa ia harus memanggul salibnya maka orang itu pergi ke Gereja.

Mengikuti Yesus artinya: memilih Yesus, berserah diri pada Yesus. Hidup Yesus dijadikan pola hidupnya.

Photo credit: Ilustrasi (diacronosunblog.fr)

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.