Sungai pun Jadi Sumber Kehidupan

IMG_2688 Sungai Sagare

“Ke mana saja sungai itu mengalir, segala makhluk hidup yang berkeriapan di sana akan hidup. Ikan-ikan akan menjadi sangat banyak, sebab ke mana saja air itu sampai, air laut di situ menjadi tawar dan ke mana saja sungai itu mengalir, semuanya di sana hidup.” (Yeh 47, 9)

DI wilayah Keuskupan Purwokerto mengalir banyak sungai yang melalui beberapa paroki. Sungai Serayu mengalir dari wilayah Paroki Wonosobo, lewat wilayah Paroki Banjarnegara, Purbalingga, Katedral dan St. Yoseph, Kroya dan Cilacap.

Sungai Bogowonto di sekitar Paroki Purworejo dan Purwosari. Sungai Luk Ulo sekitar Kebumen. Sungai Loji di Pekalongan. Sungai lain masih banyak juga. Dalam sungai tersebut banyak jenis ikan hidup. Para penambang juga mengambil pasir dan batu. Di kanan dan kiri sungai banyak tumbuh berbagai jenis tanaman.

Air sungai memang memberikan kehidupan bagi banyak makhluk dan kesegaran bagi pemakainya. Dari Bait Allah mengalir juga air dan menjadi sungai. Ini berarti bahwa Bait Allah mengalirkan rahmat yang menyegarkan dan berkat yang menghidupkan bagi para peziarah. Tuhan yang hadir dan bersemayam dalam Bait Allah adalah sumber rahmat dan berkat itu.

Fungsi Bait Allah sebagai sumber rahmat dan berkat yang menghidupkan bisa hilang, karena ulah dan sikap manusia yang tidak benar. Bait Allah tidak lagi difokuskan sebagai tempat untuk memuji, menyembah, meluhurkan dan memuliakan Tuhan.

Orang malah sibuk dengan binatang, jual beli, tukar menukar uang dan berbagai kegiatan lain dimana mereka mencari keuntungan material. Sikap dan perilaku inilah yang membuat Bait Allah jadi kacau, berantakan, morat marit, sehingga Allah tidak mendapatkan tempat untuk hadir dan bersemayam.

Bait Allah tidak lagi mengalurkan sesuatu yang menyegarkan, menyejukkan dan menghidupkan. Manusia adalah Bait Allah yang hidup. Bukankah banyak orang juga sering mengalami situasi ini? Hidup terasa kacau, berantakan dan morat marit karena berbagai macam persoalan.

Allah pun sudah mendapat tempat lagi untuk bersemayam dalam diri banyak orang. Akhirnya berkat dan rahmat Allah juga tidak terasa mengalir dan memberi kehidupan.

Teman-teman selamat pagi dan selamat berhari Minggu. Berkah Dalem.

Kredit foto: Sungai menjadi urat nadi transportasi di pedalaman Keuskupan Agats, Papua (Mathias Hariyadi)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.