Summer Time in Foreshore of Esperance Beach, Dover, Tasmania (16)

< ![endif]-->

SUMMER time di kawasan pantai Esperance Beach di antara Huonville dan Dover di Pulau Tasmania, Australia, menjadi saat paling nyaman untuk menyisir kawasan pasir putih ini.  Bersama Kevin dan Cathy berikut Samson –nama anjiing kesayangan mereka—kami berjalan menyusuri kawasan pasir putih di tengah hembusan semilir angin sejuk yang mengalir dari arah Esperance Bay menembus dataran tinggi Huon Valley di seberang jalan utama yang menghubungkan Dover dan Huonville.

Waktu masih menunjukkan pukul 09.00 waktu Hobart yang berjarak selisih empat jam dengan perjalanan waktu di Indonesia WIB. Tak banyak manusia terlihat di kawasan pantai pasir putih di Esperance Bay ini. Maklumlah, meski sudah memasuki summer time namun hawa dingin di Pulau Tasmania tetap saja sangat menusuk tulang dan membuat kulit di sekujur punggung seperti kena pijatan kejut listrik.

Nyaman namun semilirnya angin dingin tetap membuat bulu kuduk kadang-kadang berdiri tanpa bisa kita kendalikan. Tak apalah dibanding keindahan alam pantai di sepanjang garis bibir pantai Esperance Bay yang sangat terkenal di kawasan ini.

Jalan kaki menyusuri pantai pasir putih di Foreshore of Bay Esperance ok

Sehari sebelum kami menjejakkan kaki di Esperance Bay, kawasan pasir putih ini ramai oleh ratusan pengunjung yang memanjakan diri dengan bermandi matahari. Anak-anak terlihat berlarian sembari bermain pasir. Emak-emak duduk nyaman di tepian pantai menjaga cucu, atau di lain tempat malah terlihat berjalan santai sembari membiarkan tali kendali anjing sedikit longgar di tangan.

Anjing pun sangat menikmati acara jalan-jalan santai menyisir kawasan pasir putih di Esperance Bay ini.

Pasir padat

Samas dan Parangtritis adalah dua kawasan pantai dengan pasir putih di Laut Selatan. Di sepanjang pantai selatan Jawa ini, umumnya pasir putihnya terkesan ‘lembek’ dan lembut hingga kena pijakan kaki pun menjadi ‘pecah’. Tak enak berjalan menginjak pasir putih dengan tekstur permukaan yang lembek dan mudah pecah ini.

Esperance Bay menawarkan sensasi tersendiri.

Kawasan pantai dengan pasir putihnya yang memanjang sejauh 4 km ini benar-benar seperti lintasan jalan kaki bebas ‘hambatan’. Kaki dengan enak menapak jejak di atas permukaan pasir yang padat dan keras. Tidak pernah terjadi, telapak kaki sampai masuk ‘mblesek’ di pasir putih. Itulah yang membuat nyaman berjalan di atas hamparan pasir putih.

Esperance Bay pejalan kaki bersama anjingnya

Tapi Esperance Bay di jalur Huonville dan Dover di bagian selatan Tasmania ini tidak hanya mengumbar pasir putih padat sebagai jualan wisatanya. Di sini juga menyediakan pemandangan eksotik, terutama kalau kita berada di sebuah ketinggian dan kemudian memandang ke bawah. Di depan mata dan sepanjang jauh memandang sampai batas horizon di Bruny Island, yang tersaji di depan mata adalah permukaan air laut yang jernih.

Tak jauh dari bibir pantai, air laut di Esperance Bay berwarna sedikit kecoklatan. Itu menandakan bahwa di dasar perairan ini adalah karang atau bebatuan cadas berwarna coklat. Sedikit menjorok ke arah laut, maka airnya berwarna biru kehijauan. Bening dan bersih mirip-mirip perairan indah di Pulau Banda di Maluku.Esperance Bay ForesDover plang

Gua kecil

Di salah satu ujung ‘pedestrian’ menyisir kawasan pantai pasir putih Bay Esperance, perjalanan kaki akan terhenti di sebuah gua karang mungil di ujung jalan Foreshore di Esperance Bay ini. Tekstur cadas berwarna coklat mendominasi gua mungil ini. Dengan lebar muka sekitar 1 meter, orang dewasa dengan mudah masuk ke lorong gua mungil ini.

Lorong masuk ke dalam gua tak lebih dari 2,5 meter. Namun karena terletak di bibir pantai persis di ‘perbukitan’ karang yang menjorok ke perairan laut, tak ayal keberadaan gua ini menarik perhatian. Sekilas terbayangkan, mungkinkah gua ini merupakan ‘habitat’ manusia purba di zaman baheula dimana kjokkenmodinger (sisa sampah dapur dari kerang) berlokasi? Tak ada yang bisa menjawab pertanyaan nakal ini, selain fakta bahwa gua mungil di ujung pedestrian bibir pantai Bay Esperance ini menarik untuk difoto.

Rumah bagus di Foreshore of Esperance Bay 1

Esperance Bay seagul the beach and the house

Photo credit: Foreshore di Esperance Bay of Dover, Tasmania (Mathias Hariyadi)Gua mungil di Esperance Bay

Tautan:

Esperance Bay cadas di Foreshore

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.