Stanislaw Kardinal Rylko Berbincang dengan Orang Muda Katolik (OMK) Indonesia (3)

< ![endif]-->Bagaimana Gereja menyapa atau berencana mengatasi masalah menurunnya jumlah orang-orang yang pergi ke Gereja?

Kemerosotan praktik keagamaan di dunia barat sangatlah mencemaskan, karena hal ini menjadi indikator krisis iman yang menyebabkan begitu banyak keruskan di dalam masyarakat-masyarakat kita. Hal ini terutama menyangkut partisipasi dalam Misa Hari Minggu dan praktik pengakuan sakramental. Kedua hal ini sangat penting dalam kehidupan iman seorang Kristiani. Untuk menghadapi kemerosotan ini kita perlu kembali ke dasar-dasar: iman dari orang yang dibaptis.

Tahun Iman ini, yang telah diadakan di dalam Gereja dan yang akan diakhiri dengan perayaan Pesta Kristus Raja, dimaksudkan untuk membantu semua orang kristiani menemukan kembali iman sebagai suatu harta karun yang berharga bagi kehidupan mereka. Terlalu banyak orang yang dibaptis merasa bahwa iman mereka merupakan suatu beban berat daripada suatu peluang yang besar. Iman itu merupakan suatu anugerah yang Allah telah berikan kepada kita untuk menjadikan kehidupan kita lebih indah dan lebih penuh arti.

Tahun  Iman dimaksudkan sebagai pengingat bahwa Kristus menginginkan kita untuk menjadi orang-orang kristiani yang dewasa, orang-orang kristiani yang sadar akan panggilan dan perutusan kita di dalam Gereja dan dunia, dan bahwa Misa Hari Minggu dan pengakuan sakramen yang sering merupakan sarana-sarana mutlak bagi pertumbuhan iman. Oleh karena itu, pokok utama ialah menemukan nilai dari iman kita sendiri dan membiarkan iman ini dipupuk melalui doa dan sakramen-sakramen Gereja. Pokok lain yang penting ialah menemukan kembali pentingnya komunitas kristiani bagi kehidupan iman kita sendiri. Siapa saja yang percaya tidak pernah sendirian. Orang itu adalah bagian dari Gereja – keluarga besar anak-anak Allah.

Apakah pesan Yang Mulia kepada Kaum Muda Katolik Indonesia

Kaum muda Indonesia yang terkasih, jangan takut untuk memilih Kristus dan hidup bagi Dia. Kristus tidak merenggut dari kita apapun yang sungguh indah dan besar dalam kehidupan manusiawi. Sebaliknya, Kristus memberikan segala sesuatu kepada kita. Kristus menjadikan kehidupan kita sungguh-sungguh indah dan menyenangkan. Oleh karena itu, banggalah menjadi murid-murid Kristus! Iman kristiani adalah suatu anugerah agung dan anda telah menerima anugerah ini. Jagalah iman itu, bantulah agar iman bertumbuh dan, terutama, bagikanlah iman kepada orang-orang lain! Kristus mengandalkan anda!

Gereja mengandalkan anda!  (Selesai)

Misa OMK Gathering deretan romo edited

Photo credit:  Verby Holmes/Panitia OMK Gathering 2013

Tautan:

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.