Si Paulus dan SI Petrus

10418351_477979785698862_6467461756715168265_n

Si Paulus dan Si Petrus
Gereja merayakan 2 santo besar pada tanggal 29 Juni, yaitu Paulus dan Petrus. Paulus dan Petrus merupakan 2 tokoh pendiri Gereja Perdana. Kita akan menimba inspirasi iman dari 2 tokoh ini.
Paulus dulu bernama Saulus, seorang tentara yang kejam. Saulus membunuh dan membenci pengikut Kristus. Namun kekejaman Saulus diubah Yesus dengan cara dilumpuhkan dan dibutakan. Pengalaman buta dan tidak berdaya membuat Saulus bertobat. Saulus menyesal dan tersentuh karena perjumpaan dengan Yesus. Saulus bertobat sedalam-dalamnya karena berjumpa dengan Yesus. Saulus mengubah nama menjadi Paulus. Misi Paulus adalah Injil yang artinya kabar sukacita. Paulus menjadi Guru bangsa dengan mengajarkan tentang Yesus Kristus dan menyebarkan Injil. Paulus bertobat atas dasar Yesus Kristus dan Injil.
Santo Petrus merupakan tokoh besar yang mempunyai peranan penting untuk berkembangnya Gereja Katolik sampai sekarang. Petrus mempunyai karakter keras. Sehingga Yesus memberikan simbol kepada Simon yang berarti batu karang. Di atas batu karang ini ku dirikan jemaatku, pesan Yesus kepada Petrus. Petrus menjadi paus pertama dalam Gereja Katolik. Petrus menjadi pondasi Gereja Katolik. Pondasi harus terbuat batu agar kokoh dan kuat. Maka tepat sekali jika Petrus disebut pendiri Gereja perdana karena Petrus sebagai pondasi Gereja. Simbol batu mengartikan pondasi untuk bertahan. Harapannya kita pun sebagai umat beriman Katolik selalu bertahan akan iman Katolik berhadapan dengan tantangan zaman.
Dari 2 tokoh ini kita bisa menimba 2 inspirasi. 1. Kita dalam beriman sungguh mengalami pertobatan atas nama Tuhan Yesus dan mendasari hidup dalam terang Injil. 2. Pondasi iman Katolik harus kuat seperti batu untuk bertahan. Simon Petrus menjadi teladan kita dalam bertahan iman meski Ia menyangkal Yesus. Namun Petrus diberi kepercayaan oleh Yesus untuk memimpin Gereja Katolik.
Feel free untuk bertobat dan bertahan dalam Iman Katolik.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.