Sembuh

< ![endif]-->

SAKIT sering sulit dihindari. Ada yang menderita sakit karena gen tubuhnya. Pola hidup dan pola makan yang tidak sehat menyebabkan orang menjadi sakit. Mengalami stres berulang kali bisa menurunkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi makanan-minuman tercemar atau tidak sehat membuat tubuh sakit.

Meroketnya jumlah rumah sakit belum tentu tanda negeri ini maju, tetapi bisa jadi pertanda bahwa pola hidup dan pola makan warganya tidak sehat.

Orang sakit tidak hanya membutuhkan obat, tetapi penyembuhan. Obat hanya mengobati organ tubuh yang sakit, sementara sembuh berarti pulihnya seluruh tubuh; bahkan seluruh pribadi. Karena itu, pelayan-pelayan kesehatan yang penuh kasih, ramah dan menghargai martabat pasien umumnya menyembuhkan secara lebih cepat daripada pelayan yang bermuka kecut, berjidat mengkerut, dan berbibir ikan cucut.

Yesus menyembuhkan

Menarik bahwa Yesus tidak mengobati orang sakit, melainkan menyembuhkan: memulihkan kondisi seluruh manusia, fisik dan psikis. Dengan penuh kasih Yesus menjadikan mereka ciptaan Allah yang utuh kembali.

Karena itu, dalam proses penyembuhan-Nya Yesus selalu melibatkan iman. Sikap percaya kepada Allah bagai membuka akses bagi Allah untuk memulihkan kemanusiaan dari kerusakannya?sakit keras

Mari  memperhatikan penderita sakit dan berdoa bagi mereka. Semoga mereka menyatukan diri dengan Tuhan dan mempersembahkan sakitnya kepada-Nya. Semoga dokter, perawat, tenaga medis lain, apoteker, penjual obat, dan sanak-saudara serta sahabat-temannya melayani dengan melibatkan Allah, Sang Penyembuh sejati.

Ini  menghindarkan sikap diskriminatif (karena etnis, suku, dan agama) terhadap pasien.  Membuang pasien takkan terjadi. Pelayanan sejati mengalir dari kasih Allah. Pelayanan diskriminatif bertentangan dengan kemanusiaan dan mencemarinya dengan kepentingan agama-ekonomi-politik sempit. Pelayanan demikian berpotensi menghambat penyembuhan karena terjangkiti sakit sosial-psikologis.

Kita ucapkan terima kasih kepada para pelayan kesehatan dan marilah memohon supaya Sang Penyembuh sejati memulihkan para pasien, pelayan kesehatan, dan kita semua. Semoga kita dipenuhi kasih Allah sehingga bersedia mengasihi orang-orang sakit di sekitar kita.

Malang, 11 Februari 2014

Peringatan Hari Orang Sakit Sedunia

Photo credit: Ilustrasi (Ist)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.