Santo Baru Tahun 2014: Paus Johannes Paulus II dan Paus Johannes XXIII

< ![endif]-->

TAHTA Suci pada hari Senin tanggal 30 September 2013 resmi mengumumkan keputusan Paus Fransiskus, mendiang Paus Johannes XXIII dan mendiang Paus Johannes Paulus II akan dinobatkan resmi sebagai orang kudus (santo). Penobatan kedua mendiang Paus yang amat fenomenal ini akan dilakukan tepat pada Hari Raya Kerahiman Ilahi pada tanggal 27 April 2014.

Keputusan final itu diambil Tahta Suci, setelah Paus Fransiskus menerima dan meyakini adanya ‘temuan’ baru yakni peristiwa mukjizat terbaru yang terkait dengan Paus Johannes Paulus II.

Paus Johannes Paulus II merupakan paus berdarah non Italia pertama yang bertahta di Vatikan, setelah Tahta Suci selama 400 tahun “dikuasai” oleh para paus keturunan Italia.  Mendiang Beato Paus Paulus II berkuasa di Tahta Suci kurun waktu tahun 1978-2005.

Bahkan tak lama setelah beliau wafat, seruang massal meneriakkan santo subito (jadikan santo sekarang ini juga) kepada Kardinal Wojtila –nama asli Paus Johannes Paulus II sebelum berkuasa di Tahta Suci.

Sementara, Paus Johannes XXIII adalah Paus yang paling berjasa dalam sejarah Gereja Semesta modern saat ini lantaran keberaniannya menggelorakan ide besar: Konsili Vatikan II yang akhirnya merombak Gereja secara radikal. Paus murah senyum ini berkuasa di Vatikan kurun waktu tahun 1958-1963. Di dunia modern, Paus yang sebelumnya bernama Kardinal Angelo Guiseppe Roncalli ini dikenal sebagai il papa buono yang artinya paus yang berhati mulia dan berperilaku baik.

Sedianya, penobatan orang kudus (santo) untuk Paus Johannes XXIII dan Paus Johannes Paulus II ini akan diselenggarakan pada tanggal 8 Desember 2013. Namun, rencana ini sempat “diprotes” oleh para Uskup Polandia karena para peziarah Polandia pasti akan kesulitan bertolak menuju Roma melalui jalur darat karena musim dingin.

Ketika beatifikasi untuk Paus Johannes Paulus II dilakukan tahun 2011, tak kurang 1,5 juta umat katolik Polandia berbondong-bondong ke Roma.

Adalah Paus Johannes Paulus II yang memilih Kardinal Jorge Mario Bergoglio –kini Paus Fransiskus—menjadi Kardinal untuk Argentina.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.