Sabda Hidup: Senin, 30 Maret 2015

the-kiss-of-judas-by-giotto-scrovegni-arena-chapel-padua

HARI SENIN DALAM PEKAN SUCI
warna liturgi Ungu

Bacaan: Yes. 42:1-7; Mzm. 27:1,2,3,13-14; Yoh. 12:1-11.

BcO Yes. 52:13-53:12

Bacaan Injil Yoh. 12:1-11.

Renungan:
Bendahara adalah sebuah jabatan yang mengandung godaan bagi pemegangnya. Semakin besar organisasi dan keuangan yang dipegang semakin besar pula godaan itu mengintip sang bendahara. Mereka yang tidak mampu menahan diri akan terpenjara oleh godaan tersebut.

Yudas Iskariot bendahara para murid adalah pribadi yang tidak sanggup menahan diri atas godaan tersebut. Ia sering mengambil uang yang dia urus (bdk Yoh 12:6). Ia sangat bergairah kala ada dana besar dan membangun gagasan agar dana itu untuk orang miskin. Dengan memegang dana itu maka ia bisa mencuri sebagian.

Jabatan sering menggerakkan orang untuk bermain dan memperkaya dirinya sendiri. Ada orang yang sungguh tulus ketika menjabat, namun ada juga yang mengejar jabatan demi kekayaan. Namun demikian yang tulus maupun licik selalu ada dalam bayang-bayang godaan.

Kontemplasi: Bayangkan sikap Yudas Iskariot yang suka mencuri uang kas. Bandingkan dengan sikap para pejabat di sekitarmu

Refleksi: Bagaimana anda mengatasi godaan untuk mencuri?

Doa: Ya Tuhan jagailah para pejabat agar mereka tidak tergoda menyalahgunakan kewenangan mereka demi memenuhi kebutuhan sendiri. Amin.

Perutusan: Aku akan ikut menjaga pemimpinku agar tidak jatuh dalam godaan.

#bagi yang terjangkau TVRI jogja, saksikan Pijar Katolik hari ini (290315)jam 15.30-16.00. Dalam siaran ini dikisahkan bagaimana mendampingi iman anak usia.

Kredit foto: Ist

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.