Sabda Hidup: Senin, 22 Juni 2015

22 Juni - RmN

St. Paulinus dr Nola, St. Yohanes Fisher dan St. Thomas More, St. Julie Billiart
warna liturgi Hijau

Bacaan
Kej. 12:1-9; Mzm. 33:12-13,18-19,20,22; Mat. 7:1-5. BcO Hak. 16:4-6,16-31

Bacaan Injil: Mat. 7:1-5.
1 “Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. 2 Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. 3 Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? 4 Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. 5 Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.”

Renungan:

BANYAK orang mengatakan bahwa kalau satu jarimu menunjuk orang, empat jarimu yang lain menunjuk dirimu sendiri. Yesus mengatakan, “Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu” (Mat 7:2).
Dua pernyataan ini memberikan alarm kepada kita untuk hati-hati menilai orang lain, bahkan untuk tidak menghakimi orang lain. Penghakiman pada mereka akan diukurkan kepada kita sendiri bahkan penunjuknya lebih banyak.
Marilah kita, sebelum menunjuk dan menghakimi orang lain kita menilai diri kita sendiri. Kita memperbaiki keberadaan kita terlebih dahulu. Perbaikan pada diri sendiri pada saatnya akan bergema kepada orang lain.

Kontemplasi:

Bayangkan dirimu sedang ingin menghakimi seseorang. Pada saat akan mulai, lihatlah dirimu sendiri. Sejauh mana penghakiman yang akan anda sampaikan telah kulakukan sendiri.

Refleksi:

Tulislah pengalamanmu menahan diri menghakimi sesamamu.

Doa:
Bapa semoga aku lebih mudah berinstrospeksi diri daripada menghakimi sesama. Amin.

Perutusan:

Aku tidak akan gampang menghakimi orang lain. -nasp-

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.