Sabda Hidup Senin, 1 Desember 2014

yesus menyembuhkan

HARI  biasa Pekan I Adven
warna liturgi Ungu

Bacaan: Yes. 2:1-5 atau Yes. 4:2-6; Mzm. 122:1-2,3-4a,(4b-5,6-7), 8-9; Mat. 8:5-11.

BcO Yes. 7:1-17

Renungan:
Membaca bacaan hari ini saya menemukan tiga keutamaan dalam diri perwira: peduli, rendah hati dan percaya. Perwira ini peduli dengan keadaan hambanya. Sakit yang dialami hambanya menggerakkan hatinya untuk dengan rendah hati mendatangi Yesus. Dan saat bertemu dengan Yesus ia makin percaya pada kekuatanNya untuk menyembuhkan hambanya. Akhirnya semua keutamaan dia berbuah baik pada si hamba, bahkan juga pada dirinya. Yesus pun mengatakan, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel” (Mat 8:10).

Orang yang peduli tidak mengindahkan martabat dan derajatnya. Ia akan rela melakukan aneka macam hal tanpa merasa kehilangan harga diri atau pun merendahkan martabatnya. Mereka yang peduli rela berkotor2, berlelah-lelah, berkorban demi keselamatan sesamanya. Namun sayangnya sekarang ini orang sulit bersikap positif pada mereka yang berbuat baik.

Cap-cap  miring sering ditimpakan pada mereka yang sungguh2 mau berbuat baik. Namun bagi mereka yang hatinya mempunyai kepedulian tidak akan mundur dengan penilaian orang. Mari kita bangun kepedulian dari hati kita yang terdalam.

Kontemplasi: Duduklah dengan tenang dan bayangkan kisah dalam Injil Mat. 8:5-11. Bayangkan dirimu sebagai si Perwira.

Refleksi: Bagaimana kepedulian hidup dalam dirimu dan bagaimana itu mengalir pada sesamamu.

Doa: Tuhan, semoga aku mempunyai jiwa seperti perwira yang dikisahkan dalam Injil Mat. 8:5-11 Amin.

Perutusan: Aku akan mengasah kepedulianku.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.