Sabda Hidup: Selasa, 9 Mei 2017 – Gregorius Preca, Katarina dari Bologna

Gregorius Preca, Katarina dari Bologna

warna liturgi Putih

Bacaan

Kis. 11:19-26; Mzm. 87:1-3,4-5,6-7; Yoh. 10:22-30. BcO Why 14:1-13

Bacaan Injil: Yoh 10:22-30

22 Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin. 23Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo.24Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.”25Yesus menjawab mereka: “Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,26tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.27Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,28dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.29Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.30Aku dan Bapa adalah satu.”

Renungan

KADANG kita bingung melihat siapa orang yang sedang berperan penting dalam kehidupan bersama. Kita tidak tahu apakah dia orang yang sungguh-sungguh baik atau jahat.Seringkali perkataan-perkataannya baik, namun cara-caranya sering membuat hati kita kurang berkenan. Ya memang hanya orang terdekatlah yang bisa tahu siapa orang tersebut.

Banyak orang Yahudi pun merasa bimbang terhadap Yesus. Apakah Dia ini mesias atau bukan. Yesus tidak menjawab langsung. Ia hanya memberi tanda dengan pekerjaan yan Dia kerjakan. Mereka yang ada dalam kawanan-Nya akan mengenali Dia.

Sejauh mana kita mengenal Tuhan? Siapakah Tuhan bagi hidup kita? Pengenalan akan Tuhan menghantar kita untuk mengerti kehendak-Nya dan mampu menjalankan-Nya. Mereka yang mengenal Tuhan telah dikenal Tuhan. Tuhan pun tidak akan membiarkannya direbut oleh yang lainnya.

Kontemplasi

Pejamkan matamu sejenak. Renungkan perkenalanmu dengan Tuhan.

Refleksi

Siapakah Tuhan itu bagimu?

Doa

Tuhan aku ingin selalu dekat dengan-Mu. Hanya berdekatan dengan-Mu aku merasa tenang. Perkenankan aku bersandar di bahu-Mu. Amin

Perutusan

Aku akan menjaga dan mempererat perkenalanku dengan Tuhan. -nasp-

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Noegroho Agoeng Sri Widodo Pr Ketua Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Semarang; imam diosesan KAS putra asli Paroki Maria Assumpta Klaten, Jawa Tengah.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.