Sabda Hidup: Selasa, 28 April 2015

saint louis de monfort

PERINGATAN St. Petrus Chanel, St. Louis-Marie Grignion de Montfort

warna liturgi Putih

Bacaan: Kis. 11:19-26; Mzm. 87:1-3,4-5,6-7; Yoh. 10:22-30.

BcO Why. 14:1-13

Bacaan Injil Yoh. 10:22-30.

22 Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin. 23 Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo. 24 Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.”

25 Yesus menjawab mereka: “Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, 26 tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.

27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, 28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. 29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. 30 Aku dan Bapa adalah satu.”

Renungan:

Orang-orang Yahudi melihat apa yang telah dilakukan Yesus, namun mereka tidak paham siapa Dia dengan segala tindakanNya. Mereka berada di luar lingkaran Yesus (bdk. Yoh 10:25). Mereka tetap tidak mengenal siapa Yesus sebenarnya.

Sering kita juga sulit mengenali siapa orang yang kita hadapi karena kita berada di luar lingkarannya. Pada mereka kita cenderung menebak-nebak selaras dengan interpretasi kita sendiri. Dan kadang kala ada yang lain berpendapat beda kita menjadi bingung atau minimal bertanya-tanya.

Iman kepada Yesus membutuhkan pengenalan. Pengenalan itu mungkin terjadi kalau kita masuk dalam lingkarannya. Maka marilah kita masuk dalam lingkaran Yesus agar kita semakin kenal dan percaya kepadanya.

Kontemplasi: Pejamkan matamu sejenak. Hadir dan duduklah di dekat Tuhan Yesus. Dengarkan pengajaranNya dan kenalilah Dia.

Refleksi: Siapakah Yesus bagimu?

Doa: Tuhan, aku ingin mengenalMu lebih dalam. Semoga aku pun menangkap peluang yang Kauberikan untuk mengenalMu. Amin.

Perutusan: Aku akan mengenali Yesus dalam kata dan tindakan di sekitarku.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

 

 

Loading...

Published by Renungan Iman Katolik

Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.