Sabda Hidup Sabtu, 8 November 2014

affirmation stones

Elisabet dr Tritunggal
warna liturgi Hijau

Bacaan: Flp. 4:10-19; Mzm. 112:1-2,5-6,8a,9; Luk. 16:9-15.

BcO Keb. 18:1-15a; 19:4-9

Renungan:
DALAM suatu tatanan pemerintah ada kuasa eksekutif, iudikatif dan legislatif. Lembaga-lembaga yang mengelola kekuasaan itu menjadi kekuatan yang berimbang satu sama lain. Tentu semua warga negara berharap bahwa kekuatan-kekuatan itu menjalankan tugasnya masing-masing secara proporsional sehingga menghasilkan kebijakan-kebijakan yang mengangkat kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Tetapi harapan itu seringkali terganjal oleh aneka macam kepentingan yang tidak jarang dilandasi oleh dendam dan dorongan destruktif.

Akhir-akhir ini bangsa kita menghadapi situasi krisis yang tak jelas akan berakhir. Satu dua kekuatan telah terbentuk dan yang lain masih menunggu aneka macam kompromi. Yang terbentuk mulai bekerja dengan cepat. Yang belum terbentuk belum juga menyelesaikan persoalannya sendiri dan beberapa anggotanya lebih asyik publikasi dengan komentar-komentar negatif pada mereka yang bekerja. Rakyat seakan ditempatkan untuk mengabdi pada dua tuan. Semoga peletakan posisi rakyat ini tidak membawa rakyat jatuh dalam suatu pesimisme massa. Mengabdi pada dua tuan adalah situasi yang menyulitkan (bdk. Luk 16:13). Para penguasa, jangan jadi anak kecil yang usil dan suka bertengkar, tapi andai masih kanak2 jadilah anak manis yg cerdas dan mampu menghadirkan kebahagiaan. Jgn sampai korek mainanmu membakar rumah yg melindunganmu.

Kontemplasi
Duduklah dengan tenang. Dalam bayanganmu pandanglah para penguasa yang usil dan suka bertengkar. Tenangkan mereka dengan tatapan tajammu.

Refleksi:
Tulislah harapanmu pada para penguasa di negeri ini.

Doa:
Tuhan semoga masa krisis di kekuatan para penguasa ini segera berakhir. Mereka yang dipilih mampu menjaga kesatuan untuk menyejahterakan bangsa.  Amin.

Perutusan:
Aku berdoa untuk para tuan bangsa agar menjaga persatuan negeri.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.