Sabda Hidup: Sabtu, 29 April 2017 – Peringatan Wajib St. Katarina dr Siena


Peringatan Wajib St. Katarina dr Siena


warna liturgi Putih


Bacaan


Kis. 6:1-7; Mzm. 33:1-2,4-5,18-19; Yoh. 6:16-21. BcO Why 5:1-14


Bacaan Injil: Yoh 6:16-21


16Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu 17dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, 18sedang laut bergelora karena angin kencang. 19Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. 20Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Aku ini, jangan takut!” 21Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.


Renungan


SESUATU yang spektakuler seringkali mengejutkan kita. Beberapa hari terakhir kita pun dikejutkan oleh ribuan rangkaian ucapan terima kasih untuk pemimpin yang kalah dalam pilkada. Belum pernah hal seperti itu terjadi di negeri ini bahkan mungkin di dunia. Mereka yang kagum pun terpesona namun mereka yang tidak suka akan nyinyir. Namun pasti hal tersebut menggetarkan yang menerima.


Yesus berjalan di atas air. Ia mendatangi para murid yang sedang berada di dalam perahu. Para murid pun terkejut dan takut dengan peristiwa mengagumkan tersebut. Namun Yesus menguatkan hati mereka untuk tidak takut (lihYoh 6:20). Mereka pun diherankan kembali kala mereka mau menaikkan Yesus ke perahu seketika itu juga perahu sampai ke tempat yang mereka tuju.


Ada banyak hal mengagumkan di sekitar kita. Ketika kita membuka hati dan pikiran kita kita akan menemukan banyak hal mengagumkan. Namun ketika kita nyinyir maka banyak hal yang mengagumkan tidak bisa kita lihat atau bahkan kita anggap sebagai tindakan cari pesona. Mari kita temukan hal-hal mengagumkan di sekitar kita. Jangan takut.


Kontemplasi


Bayangkan kisah dalam injil  Yoh 6:16-21. Bandingkan dengan pengalamanmu.


Refleksi


Bagaimana menyikapi hal-hal yang mengagumkan?


Doa


Tuhan semoga aku bisa menangkap karya-karya-Mu yang mengagumkan. Semoga aku mampu mengakui keagungan-Mu. Amin


Perutusan


Aku akan mengagumi karya Tuhan yang agung. -nasp-


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


#saksikan bagian pertama film “Di Mataku” di TVRI Jogja antara jam 15an WIB hari Minggu, 30 April 2017#


Romo Noegroho Agoeng Sri Widodo Pr


Ketua Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Semarang; imam diosesan KAS putra asli Paroki Maria Assumpta Klaten, Jawa Tengah.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.