Sabda Hidup: Rabu, 30 Juli 2014

Kunci Kerajaan Surga

Bacaan:
Yer. 15:10,16-21; Mzm. 59:2-3,4-5a,10-11,17-18; Mat. 13:44-46.
BcO Ayb. 32:1-6; 33:1-22

Bacaan Injil Mat. 13:44-46:
44 “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.
45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.”

Renungan:
Membaca kembali perikope ini hatiku bertanya-tanya, “Yesus itu seorang anak tukang kayu. Namun mengapa Ia tidak menggunakan hal-hal yang berkaitan dengan perkayuan untuk perumpamaan2Nya. Yesus lebih banyak menggunakan hal2 yang menyangkut ekonomi, khususnya perdagangan.”
Saya tidak tahu jawaban persisnya, namun saya menangkap bahwa dalam bidang itu ada takaran berkembang atau tidaknya. Semuanya dapat dihitung oleh siapa pun, bahkan mungkin oleh merka yang buta huruf.
Dari situ saya bertanya lagi, “Apakah Yesus menghendaki ukuran perkembangan yang jelas pada kehadiran Keajaan Allah?” Aku merasa tidak seperti itu juga. Menjual segala miliknya untuk membeli tanah dan mutiara bukanlah ukuran yang jelas juga. Di situ hanya tampak bahwa mendapatkan
Kerajaan Allah adalah hal yang sangat penting sehingga seseortang rela menjual semua miliknya. Maka ukurannya adalah totalitas tiap pribadi untuk mendapatkannya.
Kerajaan Allah mesti menjadi konsen setiap manusia. Ia perlu diwujudkan dengan keterlibatan yang total. Mereka yang sungguh-sungguh akan bertemu dengan kebahagiaannya.

Kontemplasi: Bayangkan dirimu menjual segala milikmu untuk membeli “mutiara” yang kauinginkan.

Refleksi: Bagaimana totalitasmu dalam meraih dan menghadirkan Kerajaan Allah?

Doa: Tuhan, aku mohon, sudilah menjaga keyakinan akan karya keselamatanMu. Semoga aku mampu menghadirkan KerajaanMu secara total. Amin.

Perutusan: Aku akan mengejar sesuatu yang sungguh berasal dari Allah.
Kredit foto: Ilustrasi tentang kunci Kerajaan Surga (Ist)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.