Sabda Hidup, Minggu 3 Agustus 2014: Pastor ‘Expired’

Para romo praja KAS yang sudah pensiun dalam sebuah kunjungan umat by Komsos KAS

HARI  Minggu Biasa XVIII
Warna liturgi Hijau

Bacaan: BcE Yes. 55:1-3; Mzm. 145:8-9,15-16,17-18; Rm. 8:35,37-39; Mat. 14:13-21.

BcO Ob. 1-21

Renungan: “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan” (Mat 14:16). Awalnya aku sungguh kesulitan mencari kisah yang sejajar dengan perintah Yesus ini. Kemudian aku teringat pada paguyuban pemerhati makan untuk Domus Pacis. Mereka adalah keluarga2 di sekitar DIY yang memberikan hatinya bagi terjaminnya kebutuhan asupan kami para imam di Domus Pacis.

Domus Pacis adalah rumah untuk para imam Praja KAS yang sudah tua atau sakit (kata Rm Bambang: imam expired hehehe). Saya imam termuda di sana dan kebetulan masih sehat hahaha. Sebagai imam expired dan tidak di paroki memang kadang gampang terlupakan. Kesadaran itu menggerakkan kami untuk berdaya sekaligus menggugah hati dan perhatian umat. Salah satunya terbentuk paguyuban pemerhati makan untuk Domus Pacis.

Dalam sebuah pertemuan dengan para pemerhati bidang ini, salah seorang ibu mengatakan, “Para Rama, walaupun sudah tidak berkarya, adalah imam kita. Maka kita pun bertanggungjawab menjaga kebutuhan hidupnya.”

Hatiku mak-jleb, mendengar kata-kata ibu tersebut. Aku sungguh terharu.

Di antara sekian banyak orang yang melupakan bahkan ngemohi imam expired, ibu ini dan para ibu serta keluarga2 yang tergabung dalam paguyuban ini tidak membuang para imam expired tapi tetap mau menjaga dan memelihara karena merasa bahwa mereka imamnya.

Sekarang pun perhatian itu terasa sangat hidup di hati kami.

Kami tidak lagi berkekurangan dalam makanan, tp malah bisa berbagi dan tetap mempunyai sisa. Saya percaya inilah wujud dari sabda Yesus di Mat 14:16 di jaman sekarang ini. Inilah penggandaan 5 roti dan 2 ikan.

Kontemplasi: Bayangkan kisah dalam Injil Mat. 14:13-21 dan jadilah salah satu tokoh yang dikisahkan.

Refleksi: Apa yang akan kauberikan agar mukjizat Tuhan mewujud di jaman sekarang?

Doa: Ya Tuhan, terima kasih telah memberikan pribadi2 yang mempunyai hati mewujudan kehendakMu. Secara khusus dampingilah keluarga2 yang telah memperhatikan para imam di Domus Pacis. Amin.

Wisma Domus Pacis (DP)

Para romo praja KAS yang ‘expired’: Romo Bambang Pr (paling kiri) bersama dua kolega romo praja KAS yang sudah sepuh dalam sebuah kegiatan kunjungan pastoral di lingkungan terdekat Domus Pacis Yogyakarta. (Dok. Komsos KAS/Hidup)

Perutusan: Marilah mengucap syukur atas kebaikan banyak orang di sekitar kita.

Kredit foto: Para imam praja KAS yang sudah sepuh dalam sebuah kunjungan pastoral ke umat setempat. (Dok Komsos KAS/Hidup)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: