Sabda Hidup: Minggu, 14 Mei 2017

HARI MINGGU PASKAH V

warna liturgi Putih

Bacaan

Kis. 6:1-7; Mzm. 33:1-2,4-5,18-19; 1Ptr. 2:4-9; Yoh. 14:1-12. BcO Why 18:21-19:10

Bacaan Injil: Yoh 14:1-12

1 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. 2Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.3Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.4Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”5Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?”6Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.7Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”8Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”9Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.10Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.11Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.12Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

Renungan

SESEORANG pasti merasa senang ketika bisa kembali ke rumah. Tidak jarang mereka yang telah lama bepergian dan walau tempat dia berada jauh lebih bagus dari rumahnya namun ia tetap akan rindu kembali ke rumah. Bahkan tidak sedikit orang yang sulit untuk krasan berada di tempat lain. Rumah adalah istananya.

Tuhan mengatakan, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu” (Yoh 14:1-2). Tuhan menyediakan tempat bagi kita. Di rumah-Nya ada banyak tempat tinggal.

Sebagaimana kita selalu merindukan kembali ke rumah kita Tuhan pun telah menyediakan tempat bagi kita. Tuhan menempatkan kita sebagai bagian dalam rumah-Nya. Kita bangun kerinduan kita untuk kembali ke rumah Tuhan, rumah yang penuh kedamaian dan ketenangan.

Kontemplasi

Bayangkan dirimu berada di dalam rumah Tuhan.

Refleksi

Tulislah pengalamanmu merindukan pulang rumah.

Doa

Tuhan terima kasih atas tempat tinggal yang telah kausediakan bagiku. Semoga aku selalu mempunyai kerinduan untuk kembali ke rumah-Mu.

Perutusan

Aku akan selalu merindukan kembali ke rumah Tuhan. -nasp-

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Noegroho Agoeng Sri Widodo Pr Ketua Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Semarang; imam diosesan KAS putra asli Paroki Maria Assumpta Klaten, Jawa Tengah.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.