Sabda Hidup: Kamis,24 Juli 2014, Peringatan St. Luisa dr Savoyen

Louise de Savoie1

JUGA peringatan St. Sharbel Makhluf, Niceforus, Yohanes Soret.

Warna liturgi Hijau

Bacaan: Yer. 2:1-3,7-8,12-13; Mzm. 36:6-7ab,8-9,10-11; Mat. 13:10-17.

BcO Ayb. 19:1-29

Bacaan Injil Mat. 13:10-17:
10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?”

11 Jawab Yesus: “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. 12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

13 Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.

14 Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. 15 Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.

16 Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. 17 Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

Renungan:
Kala kecil aku melihat temanku punya sepeda bagus, aku belum punya. Aku ingin punya sepeda. Aku nyisain uang saku, kutabung. Ketika uangku terkumpul ditambah uang bapak, aku bisa membeli sepeda bekas. Ketika aku membeli sepeda bekas temanku sudah ganti sepeda baru.

Inikah sabda Yesus: “Siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan” (Mat 13:12).

Hati anak kecilku protes: Tuhan tidak adil. Banyak lagi kisah2 yang menampilakan semacam itu. Mereka yang pinter kok tampak makin pinter, yang pinter nyanyi makin bagus suaranya.

Benar-benar Tuhan tidak adil, begitu pikirku.

Dalam perjalanan waktu aku mulai merasakan bahwa keadilan Tuhan itu ada. Siapa yang mempunyai sungguh akan diberi. Aku merasa beruntung karena sejak kecil mempunyai kebiasaan menabung. Kala menginginkan sesuatu aku menabung dulu, tidak asal meminta. Itulah yg kupunyai. Dan Tuhan ternyata menambahkan kemampuanku di sisi tersebut. Aku pun jadi bisa menabung belajar, menabung kawan dll. Tuhan sungguh adil. Ia menambahkan kemampuan setiap pribadi umatNya sampai berkelimpahan.


Dari  pengalaman sederhanaku ini rasaku saudara-i pun bisa meyakini bahwa kita telah diberi dan mempunyai sesuatu dari Tuhan. Apapun bentuknya, kala kita sadari dan tekuni maka Tuhan pun akan menambahkan shg kita berkelimpahan.

Kontemplasi:  Duduklah di tempat tenang. Buatlah dirimu nyaman. Temukan rahmat yang telah Tuhan berikan padamu yang bisa membuatmu berkelimpahan.

Refleksi:  Apa yang telah diberikan Tuhan padamu sebagai kepunyaanmu dan yang akan ditambahkan olehNya.

Doa: Ya Yesus terima kasih atas rahmatMu sehingga aku memiliki sesuatu untuk hidup. Aku percaya Engkau akan selalu menambahkannya dan aku pun berkelimpahan rahmatMu. Amin.

Perutusan: Aku akan menekuni apa yang telah Tuhan berikan padaku.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.