Pesta St. Mikael, Gabriel, dan Rafael, Malaikat Agung

warna liturgi Putih

Bacaan

Dan. 7:9-10,13-14 atau Why. 12:7-12a; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,4-5; Yoh. 1:47-51. BcO Why 12:1-18

Bacaan Injil: Yoh. 1:47-51.

47 Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” 48 Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” 49 Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” 50 Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” 51 Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Renungan:

NAMA malaikat agung Mikael, Gabriel dan Rafael sering dipakai menjadi nama (baptis) pelindung seseorang. Hari ini adalah pestanya. Selamat berpesta nama.

Tentu bukan tanpa alasan seseorang memilih nama itu sebagai nama depan mereka. Daya kekuatan, perlindungan dan sukacita menjadi harapan mereka yang memilihnya. Ketiga malaikat ini sungguh menjadi daya kehidupan umat manusia. Mereka yang menjaga dan menuntun manusia agar sampai kepada Allah.

Tuntunan tersebut mengantar seseorang mengenali siapa Tuhan dan bagaimana dia hidup di hadapan-Nya. Natanael dituntun kepada Tuhan Yesus. Ia pun kemudian mengenal siapa Yesus itu.

Ada banyak tuntunan dalam hidup kita yang menghantar kita kepada Tuhan. Maka marilah dengan rendah hati kita menerima tuntunan itu untuk sampai kepada Tuhan.

Kontemplasi:

Duduklah dalam keheningan. Bayangkan tiga malaikat agung di hadapanmu. Mereka menuntunmu pada jalan Tuhan.

Refleksi:

Bagaimana merasakan tuntunan Malaikat dan sesama kepada Tuhan?

Doa:

Bapa terima kasih atas utusan-Mu yaitu para malaikat agung. Semoga aku selalu berada dalam tuntunannya untuk menuju kepada-Mu. Amin.

Perutusan:

Aku akan menangkap dan mengikuti tuntunan malaikat Tuhan. -nasp-

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Published by Wilhelmina Sunarti

Membaca firman Allah setiap hari akan menjaga hati kita dari rasa lelah dalam memikul salib kita. Semoga tulisan para gembala yang ada pada website kami bermanfaat bagi Saudaraku semua. Salam damai dalam kasih Kristus...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.