Sabda Hidup: Jumat,1 Agustus 2014

Yesus dari Nazareth by Waterside of Paris

WARNA  liturgi Putih

Bacaan: Yer. 26:1-9; Mzm. 69:5,8-10,14; Mat. 13:54-58. atau dr RUybs.

BcO Ayb. 40:6-24; 42:1-6

Bacaan Injil Mat. 13:54-58:
54 Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: “Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? 55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? 56 Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?”

57 Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya.” 58 Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

Renungan:
Akhir-akhir ini kita mendengar berita miris yang menimpa jemaat Katolik di Irak. Mereka ditolak di tanah kelahirannya oleh kelompok tertentu karena mengimani Kristus. Bahkan tidak sedikit yg dibunuh dengan keji. Suasana makin hari makin panas dan getir bagi umat di sana. Walau kejadian itu sudah begitu mengerikan tidak menjadi bahasan berita di negara kita ini. Tidak banyak pula negara2 yang tergerak untuk menolong para korban.

Ditolak sebagai pendatang akan terasa ringan dibanding ditolak di negeri sendiri hanya karena perbedaan keyakinan. Saudara dijadikan musuh bahkan seakan tidak lebih bernilai dibandingkan binatang.

Yesus pun ditolak di kampungNya sendiri. Saudara-saudara dan tetanggaNya pun hendak menghukumNya. Ia menyadari ketidaksukaan mereka, maka Ia pun berkendak menyingkir dari mereka. Belajar dari Yesus tampak bahwa hidup itu mesti mempunyai keberanian menghadapi resiko namun kadang kita tidak perlu memaksa diri untuk tinggal di area bahaya tersebut. Kita panjatkan doa bagi mereka yang jd korban penolan dan penganiayaan.

Kontemplasi: Pejamkan matamu sejenak. Bayangkan penolakan2 yang diterima para pengikut Kristus. Panjakan doa perlindungan pada Yesus untuk mereka

Refleksi: Tulislah pengalamanmu ketika ditolak. Apa kaulakukan kala ditolak dan untuk tanggapi mereka yang menolak?

Doa: Ya Yesus semoga ada banyak jalan keselamatan bagi putera-puteriMu yang ditokak dan disingkirkan dari negerinya sendiri.. Amin.

Perutusan: Aku akan berdoa untuk saudara-saudari yang ditolak di negerinya sendiri.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.