RIP Yohanes Pudyarahardja, Alumnus Kolese de Britto Yogyakarta dan Mantan Jesuit

KABAR duka berasal dari lingkaran Sesawi (Sesama Warga Ignatian), forum silahturami antar mantan Jesuit Indonesia.

  • Telah meninggal dunia Yohanes Pudyarahardja alias Mas Pudya pada hari Selasa, tanggal 8 April 2014 pukul 15.50 WIB di rumah keluarga di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Almarhum Mas Pudya adalah mantan Yesuit dan sesekali ikut mengisi rubrik Lentera Kehidupan di Sesawi.Net , portal berita katolik asuhan para eks Jesuit Indonesia ini.

Lahir di Yogyakarta tanggal 15 Desember 1946, almarhum Mas Pudya meninggalkan Serikat Yesus (SJ) ketika meniti tahapan studi teologi –waktu itu—di Institut Filsafat Teologi (IFT) Kentungan dan tinggal di Kolese St. Ignatius (Kolsani) Yogyakarta.

Selepas meninggalkan Serikat Yesus, almarhum Mas Pudya bekerja sebagai karyawan swasta di PT Traktor Nusantara Jakarta hingga pensiun. Namun, sebagai mantan Yesuit Mas Pudya juga melibatkan diri aktif dalam kegiatan pastoral di Gereja Paroki St. Anna, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Almarhum Mas Pudya menamatkan pendidikan SD di Bruderan FIC tahun 1952, SMP Pangudi Luhur Yogyakarta tahun 1955, SMA de Britto Yogyakarta tahun 1958, dan Seminari Mertoyudan (KPA) tahun 1965 dan kemudian masuk Serikat Yesus di Novisiat SJ Girisonta.

Menurut penuturan istrinya Fanny, sejak beberapa bulan terakhir ini Mas Pudya mengalami sakit serius pada usus (colon) dan malah sempat melakukan operasi besar di Penang, Malaysia, beberapa waktu yang lalu.

Misa requiem

Berikut ini adalah jadwal misa requiem dan serangkaian acara lainnya:

  • Sedari Selasa (8/4) malam, jenazah alm. Yohanes Pudyarahardja sudah disemayamkan di Ruang Duka RS Sint Carolus, Jakarta Pusat dan semalam sudah diadakan ibadat sabda di situ.
  • Misa requiem untuk alm. Mas Pudya akan berlangsung hari Rabu (9/4) ini di Ruang Duka RS Sint Carolus Jakarta pada pukul 18.30 WIB.
  • Hari Kamis tanggal 10 April 2014 pada pukul 08.00, jenazah alm. Mas Pudya akan dipindahkan dari Ruang Duka RS Sint Carolus Jakarta menuju Gereja St. Anna di Jl. Laut Arafuru Blok A7, Kav.AL Duren Sawit, Jakarta Timur untuk selanjutnya dilakukan ibadat pemakaman.
  • Kamis siang pukul 10.00 WIB dilangsungkan misa pelepasan jenazah di Gereja St. Anna Duren Sawit.
  •  Usai misa pelepasan jenazah, prosesi pemakaman dimulai dengan iring-iringan jenazah menuju Pemakaman San Diego Hill di lahan Adoration Mansion Blok F37 No. 5 di Karawang Timur, Cikampek, Jawa Barat.

Dengan ini pula, jajaran Redaksi Sesawi.Net mengucapkan duka cita mendalam kepada Mbak Fanny dan kedua anak pasangan Yohanes Pudyarahardja dan Fanny.

Terima kasih juga kepada alm. Mas Pudya yang sudah beberapa kali mengirim naskah pergumulan batinnya selaku guru agama honorer di sebuah SMA Negeri di Jakarta Timur.

Sejumlah tulisan almarhum tentang hantu pernah meramaikan web portal berita katolik ini.

Memakai nama samaran sebagai Pe Er Yoanes, Mas Pudya memberikan sharing pribadi saat beberapa kali merasakan ‘kehadiran’ mahluk dari dunia lain. Lain kali, Pe Er Yohanes alias Mas Pudya juga men-sharingkan pengalaman beliau mengajar agama di sejumlah sekolah negeri di Jakarta Timur sebagai guru honorer untuk mengisi masa pensiunnya.

Di bawah ini kami berikan tautan sejumlah tulisan reflektif karya alm. Mas Pudya yang pernah dikirim ke meja redaksi.

Requiescat in pace.

Photo credit: Almarhum Yohanes Pudyarahardja (Dokumentasi keluarga)

Tautan:  

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.