RIP Romo Rofinus Romanus “Ipong” Rasa CICM


KABAR duka dirilis oleh jaringan komunikasi KBKK (Kelompok Bakti Kasih Kemanusiaan).


Telah meninggal dunia pada hari Senin tanggal 27 Juni 2016: Romo Rofinus Romanus “Ipong” Rasa CICM

Lahir: Lembata, NTT, 1 Maret 1971Tahbisan: Jakarta, 13 Agustus 2002Berkarya Gereja Paroki St. Thomas Rasul Bojong, Jakarta Barat tahun 2009 –2011

Awalnya sebagai anak kecil, sulung dari lima bersaudara itu, sangat ingin bisa naik sepeda motor. Kebetulan, ia sering melihat pastor parokiny  selalu naik motor, bila berkeliling di Pulau Lembata.


Demikianlah, Romanus, yang akrab disapa “Ipong” itu, kemudian masuk ke tarekat CICM. Tak dinyana, Ipong dikirim untuk menjalani pendidikan imamatnya di Filipina Selatan. Lima belas tahun ia hidup di negara itu.


Baru pada Mei 2009, Fr. Ipong pulang ke Indonesia untuk kemudian ditahbiskan pada 13 Agustus 2009 di Jakarta.


Pengalaman paling menarik bagi Romo Ipong adalah berbagai tantangan saat berada di pedalaman Filipina. Ia harus mempelajari bahasa dan adat istiadat baru. Namun di sinilah Romo Ipong kemudian merasakan bahwa kita semua perlu mengerti dan memahami orang lain. “Satu-satunya cara untuk bisa berbaur dengan orang lain adalah mengerti bahasa dan adat istiadatnya,” ujarnya.


Co-founder dan chief editor Sesawi.Net; Konsultan Media & Communication di lembaga internasional mhariyadi@sesawi.net, mathias.hariyadi@gmail.com


Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.