RIP Pastor Francesco Marini SX, Mantan Pemimpin Umum Kongregasi Xaverian

KABAR duka datang dari Italia. Kongregasi Imam-imam Misionaris Xaverian (SX) mengirim kawat duka dari Italia:

Telah meninggal dunia dengan tenang di Roma, Italia, karena sakit: Pastor Francesco Marini SX.

Pastor Francesco Marini SX meninggal dunia dalam usia 76 tahun. Dua tahun lalu, dengan sangat berat hati, alm. Pastor Francesco Marini SX akhirnya rela meninggalkan Jakarta untuk pulang kembali ke tanah kelahirannya di Italia karena menderita sakit kanker dan butuh pengobatan. Itulah terakhir kalinya, alm. Pastor Marini SX melihat Indonesia sebagai tanahairnya kedua sebelum akhirnya mudik kembali ke Italia hingga akhir hayatnya, Rabu tanggal 24 Mei 2016.

Pemimpin Umum SX Sedunia

Almarhum Pastor Francesco Marini SX selama bertahun-tahun lamanya menjadi misionaris tulen berkarya di Indonesia, khususnya di Padang dan Jakarta. Beliau pernah menjadi Rektor Skolastikat SX di Jakarta dan dosen misiologi di STF Driyarkara Jakarta.

Untuk beberapa waktu lamanya, almarhum Pastor Francesco Marini SX juga dipercaya menjadi superior general (pemimpin umum) untuk Kongregasi Imam-imam Misionaris Xaverian (SX) Sedunia. Untuk keperluan jabatan dan tugas mulai ini, beliau harus  tinggal di Italia untuk memimpin SX Seluruh Dunia.

Selepas menjadi pemimpin umum untuk SX, alm. Pastor Francesco Marini SX pulang kembali ke tanah misi Indonesia yang telah menjadi tanahairnya kedua dan menjadi dosen misiologi di STF Driyarkara Jakarta.

Pada ulang tahun Kelompok Bakti Kasih Kemanusiaan (KBKK) di Aula Paroki St. Yakobus Kelapa Gading tahun 2012 silam, alm. Pastor Francesco Marini SX menjadi salah satu narasumber bicara tentang merajut karya misioner bersama Mgr. AM Sutrisnaatmaka MSF, Uskup Keuskupan Palangkaraya sekaligus Moderator KBKK.

Requiescat in pace.

avatar Co-founder dan chief editor Sesawi.Net; Konsultan Media & Communication di lembaga internasional mhariyadi@sesawi.net, mhariyadi@yahoo.com

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.