RIP Pastor Dr. Hari Kustanto SJ di RS Panti Rapih Yogyakarta

romo hari kustanto sj

KABAR duka baru saja dikirim oleh jaringan Nostri (para Jesuit) di sekitar Yogyakarta yang mengabarkan telah meninggal dengan tenang di RS Panti Rapih Yogyakarta, hari Minggu tanggal 1 Maret 2015 pukul 07.45 WIB:

  • Romo JB Dr. Hari Kustanto SJ

Almarhum Romo Hari Kus –demikian biasa dia disapa– sejak beberapa bulan terakhir ini menderita sakit kanker.

Pastor Jesuit kelahiran Yogyakarta ini adalah seorang antropolog lulusan UI dan kemudian melanjutkan studi lanjut di Universitas Yale di Amerika Serikat hingga lulus doktoral dari universitas terkenal di AS ini.

Semasa hidupnya, alm. Romo Hari Kustanto SJ pernah menjadi Rektor/Superior Kolese Hermanum Jakarta –penanggungjawab tahapan formasi untuk para frater Jesuit yang tengah belajar filsafat di STF Driyarkara Jakarta. Di lembaga pendidikan tinggi bidang filsafat inilah, alm. Romo Hari Kus juga menjadi dosen untuk disiplin keilmuan Sosiologi Agama, Antropologi Budaya Indonesia untuk Program S-1; juga Antropologi Agama dan Multikulturalisme untuk Program S-2.

Bulan November 2014, juga telah meninggal dunia adik kandungnya: Romo Dr. Antonius Hari Kustono Pr, dosen Kitab Suci Fakultas Teologi Wedabakti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta sekaligus formator para frater diosesan KAS di Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan. (Baca juga: In Memoriam Alm. Romo Dr. Antonius Hari Kustono Pr)

Saat berlangsung misa 40 hari mendiang Romo Dr. Antonius Hari Kustono di Yogyakarta Desember 2014 lalu, Romo Tanto –demikian alm. Romo Hari Kustanto dipanggil di kalangan kerabat dekat– tidak bisa ikut ambil bagian karena tengah dirawat di RS Panti Rapih hingga akhir hayatnya.

Requiescat in pace.

Kredit foto: Alm. Romo JB Hari Kustanto SJ (Dok. Majalah Hidup)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.