RIP Pastur Gonzalvus Snijders OFMCap, Mantan Rektor Unika St. Thomas Medan

< ![endif]-->

KAWAT duka cita kali ini terkirim dari Tilburg, Negeri Belanda dan mengabarkan baru saja  meninggal dunia:

  •   Pastur Gonzalvus Snijders OFMCap dari Ordo Fransiskan Kapusin Provinsi Sumatra Utara (Medan).
  •   Almarhum meninggal dunia di Tilburg, Belanda, pada hari Kamis tanggal 6 Maret 2014 pada usia 90 tahun.

Menurut penuturan Pastur Leo Sipahutar OFMCap di jalur sosial media, almarhum Pastur Gonzalvus Snijder OFMCap (10 Agustus 1924 – 6 Maret 2014) pernah berkarya selama 42 tahun di Indonesia sebagai misionaris Kapusin di tlatah Keuskupan Agung Medan (KAM).

“Almarhum Pastur Gonzalvus memberi banyak pengaruh di KAM,” tulis Pastur Leo Sipahutar OFM di jalur jejaring sosial.

Kesaksian pribadi Pastur Leo memperlihatkan kesan positif tentang sosok alm. Pastur Gonzalvus Snijder OFMCap sebagai berikut:

  • Beliau sepertinya dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Sejak masih frater (calon imam) beliau sudah menampakkan kepemimpinannya. Dan itu kemudian sangat nampak sewaktu beliau berkarya di KAM.
  • Doktor dalam Hukum Gereja lulusan dari Roma ini memulai Seminari Tinggi Kapusin di Parapat dan sekaligus menjadi direkturnya selama puluhan tahun.
  • Pernah beberapa periode menjadi Superior Ordo Kapusin di KAM dan bahkan kemudian menjadi Propinsial setelah Ordo Kapusin di KAM ditingkatkankan statusnya menjadi Propinsi. Jabatan propinsial itu diembannya selama 3 periode.
  • Lalu bersama dengan Mgr.  Pius Datubara OFMCap dan sejumlah tokoh awam, beliau mendirikan Universitas Katolik Santo Thomas di Medan.
  • Almarhum pernah menjabat Rektor Universitas Katolik Santo Thomas di Medan selama dua kali masa jabatan.

“Marilah kita kenang segala jasa beliau yang begitu besar bagi Keuskupan Agung Medan. Selamat jalan guruku, pembimbingku, sahabatku dan pasturku yang sangat sangat banyak memberi pengaruh dalam perjalanan hidupku,” tulisnya kemudian.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.