Renungan Harian, Senin: 1 Agustus 2016

Penggandaan Lima Potong Roti dan Dua Ekor Ikan
Renungan Harian, Senin: 1 Agustus 2016 0By admin onAugust 1, 2016Harian, Jendela Alkitab

Renungan

Menarik untuk digali dalam kisah Mukjizat penggandaan roti adalah karakter para murid yang dididik oleh Yesus secara luar biasa. Pertama-tam, mereka datang kepada Yesus dengan suatu kepekaan dan keprihatinan mendalam tentang nasib orang banyak yang mengikuti kemana saja Yesus pergi. Mereka mencermati tantangan dan kesulitan yang ada: “tempat ini snyi dan hari mulai malam”. Mereka meminta Yesus untuk menyuruh orang banyak itu pergi ke desa-desa membeli makanan.

Perhatikan bagaimana Yesus mendidik para murid-Nya untuk bisa lebih dari sekedar peka dan prihatin saja terhadap persoalan yang ada di sekeliling mereka. Yesus menggali apa yang dimiliki oleh para murid. Mereka berkata:”Yang ada pada kami Cuma lima roti dan dua ikan.”  Yesus meminta kepada para murid untuk menyerahkan apa yang mereka punya kepada Yesus. Hasilnya luar biasa, yaitu terjadi mukjizat penggandaan roti. Yesus memberikan semua itu kepada para murid dan mengajak mereka untuk berbagi kepada orang banyak yang sedang lapar.

Ajakan Yesus ini ditujukkan juga kepada kita saat ini, untuk mempersembahkan kepada Tuhan apa yang kita miliki dan berbagi kepada sesama yang membutuhkannya. Maka Tuhan akan melipat-gandakan rahmat-Nya ke atas kita.

Tuhan Yesus, ajar aku untuk berani datang kepada-Mu terlebih ketika aku sedang dalam persoalan. Ajarlah aku untuk berani membuka diriku dan berani berserah kepada-Mu. Biarlah rahmat yang aku terima bisa juga aku bagikan kepada sesama yang berkekurangan. Amin.

===========

Sumber: Ziarah Batin 2016

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.