Renungan Harian, Rabu: 13 Juli 2016│ Mat11:25-27│

Orang Farisi dan Penagih Pajak, sangsabda.wordpress.com
Orang Farisi dan Penagih Pajak, sangsabda.wordpress.comRenungan Harian, Rabu: 13 Juli 2016¦ Mat11:25-27¦ 0By admin onJuly 13, 2016Harian, Jendela Alkitab

Mat 11:25 Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.

Mat 11:26 Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.

Mat 11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Renungan

Kesombongan merupakan salah satu dari tujuh dosa pokok. Kesombongan membuat orang lupa akan Tuhan. Raya Asyur sombong. Ketika berhasil mengalahkan Yerusalem, dia berbangga diri dengan memegahkan kekuatan tentaranya. Padahal Tuhan-lah yang memakainya untuk menghantam Yerusalem agar bertobat. Ternyata Asyur memegahkan diri, seakan-akan hal itukarena kekuatannya sendiri. Lewat nabi Yesaya, Tuhan berfirman: “Adakah kapak memegahkan diri terhadap orang yang memakainya? Atau gergaji membesarkan diri terhadap orang yang menggunakannya?” (Yes.10:5). Tuhan pun menghukum Asyur karena kesombongannya.

Yesus juga mengecam orang sombong. Ia ingin kita bersikap rendah hati dan bergantung total pada Allah. “Semuanya Kusembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Kaunyatakan kepada orang kecil” (Mat. 11:25). Orang Farisi dan ahli Taurat menganggap diri pandai Kitab Suci, sehingga menutup diri terhadap Yesus. Orang kecil, seperti pemungut cukai, malah menerima Yesus.

Orang kecil adalah orang yang tak punya, rendah hati dan tergantung total pada orang besar. Sesungguhnya Tuhanlah orang besar itu. Sikap kita adala rendah hati dan tergantung total pada-Nya.

Ya Tuhan, semoga aku tidak memegahkan diri di hadapan-Mu dan di hadapan sesamaku. Semoga aku dapat memuliakan Dikau dalam setiap peristiwa hidupku. Amin.

=====

Sumber: Ziarah Batin 2016

Orang Farisi dan Penagih Pajak, Kredit: sangsabda.wordpress.com

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.