Ada banyak nama wanita dalam Alkitab. Namun, ada 2 wanita yang berperan penting dalam karya keselamatan, yaitu Elisabeth dan Maria. Elisabeth dipilih Allah untuk melahirkan Yohanes Pembaptis, nabi terakhir yang mempersiapkan jalan bagi Yesus. Maria dipilih Allah menjadi Bunda Yesus Kristus, Sang Penyelamat. Mereka berdua mengandung secara ajaib. Elisabeth mandul dan sudah tua, sementara Maria perawan dan belum menikah. Karena karya Allah, mereka bisa mengandung dan melahirkan.


Hari ini kita merayakan Pesta St. Maria mengunjungi Elisabeth. Elisabeth sedang mengandung. Dia pasti membutuhkan bantuan. Maria baru saja menerima kabar dari malaikat Gabriel bahwa dia akan mengandung bayi Yesus. Maria tidak hanya menerima kabar gembira itu. Dia juga diberitahu oleh malaikat bahwa ELisabeth sedang mengandung dalam bulan yang keenam. Dia pun bergegas ke Ein Karim, tempat tinggal Elisabeth, untuk menemuinya. Maria tinggal tifa bulan di sana, sampai Elisabeth melahirkan.


Peristiwa iman hari ini memberi pesan pada kita untuk menolong siapa saja yang membutuhkan. Ada banyak orang yang perlu bantuan kita dalam bentuk ide, doa, perhatian, nasihat, uang, tenaga dlsb. Seperti Maria, semoga kita pun bergegas menolong mereka dan membagikan sukacita yang kita terima dari Allah. Sebab, Allah selalu berkarya melalui hati, tangan, kaki, dan seluruh diri kita.


Ya Allah, semoga aku bisa seperti Maria, beriman dan berhati mulia. Semoga aku setia pada kehendak-Mu dan bergegas siap sedia melaksanakannya dalam hidupku. Amin.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...