Relasi Teragung

21 Juli - RmA 2

Selasa, 21 Juli 2015
Kel 14:21-15:1; MT Kel 15:8-9,10,12, 17; Mat 12:46-50

Yesus Kristus bersabda, “Siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di surga, dialah saudara-Ku, dialah saudari-Ku, dialah ibu-Ku…”

SESUNGGUHNYA, kasih dan rasa hormat Yesus bagi Ibunda dan ketabatNya tak terbantahkan. Namun dalam Injil hari ini, Yesus Kristus menyatakan realitas relasi yang lebih tinggi, yakni relasi dengan Allah dan siapa saja yang menjadi milik Allah. Ia menawarkan kepada kita semua relasi yang paling agung.

Relasi macam apakah itu? Yesus menawarkan relasi yang berakar pada kasih-Nya. Relasi itu pertama-tama dan terutama merupakan relasi kepercayaan, perasaan, komitmen, kesetiaan, keimanan, kebaikan, keteguhan, kesetiakawanan, belas kasihan, kerelaan saling menolong, saling mendukung, saling menjaga dan melindungi. Itulah yang mengikat kebersamaan kita atas dasar saling kasih dan kesatuan. Relasi itu berdasarkan kesatuan hati, budi, dan jiwa dengan Kristus sebagai sumber kasih.

Kasih Yesus tak pernah gagal, tak pernah melupakan, tak pernah kompromi, tak pernah menipu, tak pernah membiarkan kita hancur dan kecewa. Kasih-Nya selalu konsisten, tanpa syarat dan tak bisa dihentikan.

Dalam Adorasi Ekaristi Abadi kita menyembah Yesus Kristus yang menawarkan kepada kita relasi penuh kasih dengan menyerahkan hidupNya pada kayu salib demi keselamatan kita. Ia menebus kita dengan DarahNya. Kita yang telah ditebus dengan Darah Kristus diangkat menjadi putri-putra Allah Bapa.

Tuhan Yesus Kristus, terima kasih atas Sakramen Baptis yang membuat kami masuk dalam keluarga baru, keluarga para kudus di bumi dan di surga. Engkau menunjukkan relasi sejati yang tak hanya terbatas pada yang bersifat darah dan daing manusiawi. Semoga kami bertumbuh dalam kasih persahabatan dengan Dikau dan sesama. Bantulah kami untuk mengasihi sesama dengan cinta, kebaikan, belarasa dan belas kasihan, seperti Engkau telah mengasihi kami kini dan selamanya. Amin.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.