Rabu,16 Nov 2016 Pkl 10.00 WITA: Requiem untuk Pastor Anton Moningka MSC

RIP Pastor Anton Moningka MSC (Courtesy of Pena Katolik)

DARI lingkaran pertemanan Sesawi.Net dengan para imam anggota Kongregrasi Imam-imam Hati Kudus (MSC) di Manado, Sulawesi Utara, kami memperoleh info terkini mengenai rencana misa requiem dan prosesi pemakaman alm. Pastor Anton Moningka MSC.

Minggu, 13 November di RS Carolus Jakarta, pukul 19.30 WIB: Misa requiem dan Tirakatan I.Senin, 14 November: jenazah tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado dan langsung disemayamkan di Gereja Hati Kudus Karombasan. Mulai pukul 19.00 waktu Manado akan berlangsung Misa Tirakatan kedua.Selasa, 15 November pukul 19.00 WITA: Misa tirakatan ketiga di Gereja HKY Karombasan.Rabu, 16 November mulai pukul 10.00 WITA: Misa requiem bersama Uskup Keuskupan Manado Mgr. Joseph Suwatan MSC dan berlanjut dengan prosesi pemakaman di kompleks Seminari Menengah Kakaskasen di Tondano.

Baca juga:   RIP Romo Anton Moningka MSC di RS Sint Carolus Jakarta

Sebuah kenangan disampaikan oleh rekan imam teman angkatan tahbisan almarhum yakni Romo John Mengko MSC sebagai berikut:

“Pastor Moningka, waktu di SMP Tomohon, berjalan kaki setiap hari dan IA banyak mengeluh, karena merasa kakinya semakin pendek dan aus. Pastor Herry Merung merasa sebagai kelas atas karena ia berasal dari keluarga guru dan bisa masuk seminari. Dan saya (Pastor John Mengko–red.)  paling sombong, padahal hanya berasal dari keluarga sederhana. Meskipun demikian ketika berunding mau menentukan tema perayaan ini, kami bertiga sepakat, temanya adalah ‘Ia harus makin besar, tetapi aku harus semakin kecil,” cerita Pastor John Mengko sebagaimana ditulis Sales Tapobali di bulan April 2015 lalu.

Sejarah panggilan

Pastor Anton Moningka MSC meninggal dunia pada hari Minggu pagi pukul 0815 WIB di RS Sint Carolus Jakarta. Sebelumnya, almarhum Pastor Anton Moningka MSC tinggal di Rumah Residensial Provinsialat MSC dan Minggu  pagi tadi telah jatuh di kamar mandi dimana dia tinggal di Jakarta untuk keperluan berobat selama tiga pekan terakhir ini.

Sedianya dalam hari-hari mendatang ini, almarhum sudah akan berangkat pulang ke Manado.

Hari Sabtu malam kemarin, kata Pastor J. Mangkey, kami bingung mencari keberadaan almarhum Pastor Anton Moningka MSC. Beberapa lamanya,  kami menunggu beliau datang ke ruang makan untuk bersama-sama santap malam. Tunggu punya tunggu, dia tidak muncul.

Ternyata, almarhum Pastor Anton Moningka MSC sudah berada di kapel, menunggu jadwal misa dimulai. Beliau berpikir, Sabtu kemarin itu,  dia kira sudah hari Minggu.

Almarhum Pastor  Anton lahir di Woloan, 31 Agustus 1935. Ia mengucapkan kaul pertama sebagai MSC pada 22 Agustus 1960, kaul kekal 22 Agustus 1963 dan ditahbiskan imam pada 24 Maret 1965.

Selama menjadi imam,  almarhu pernah bertugas di paroki-paroki Keuskupan Manado, Keuskupan Purwokerto, dan Keuskupan Amboina (Maluku).

Co-founder dan chief editor Sesawi.Net; Konsultan Media & Communication di lembaga internasional mhariyadi@sesawi.net, mathias.hariyadi@gmail.com

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.