Purwokerto Diocese Youth Day 2015, Diberkati untuk Berbagi

Seribuan Orang Muda Katolik (OMK) Keuskupan Purwokerto memenuhi Aula Paschalis, Katedral Purwokerto, Kamis (25/6/2015) sore pkl. 16.15 WIB. Para utusan dari 24 paroki di seluruh Keuskupan Purwokerto ini meramaikan gelaran Purwokerto Diocese Youth Day (PDYD) 2015 yang berlangsung dari 25-28 Juni 2015.

Berbagai kegiatan yang bertema “Diberkati untuk Berbagi” mewarnai PDYD ini seperti workshop teater, jurnalistik, liturgi, kewirausahaan yang dikemas menarik bagi orang muda. Juga pesta rakyat, games rakyat serta aneka perlombaan diikuti para peserta yang sudah akrab satu dengan yang lain.

Kegiatan empat hari dipuncaki dengan malam festival. Pertunjukkan gabungan antarparoki menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Para peserta saling unjuk kreativitas di panggung seni, Sabtu (27/6/2015) malam di Paschalis Hall, Katedral Purwokerto.

“Kolosal-kolosal pertunjukkannya keren-keren. Kreatif, luar biasa. Semuanya orang muda”, ujar Sekretaris Eksekutif Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) RD Antonius Haryanto kepada Sesawi.net

Tampilan drama kumpulan pocong, gendrowu, tuyul dan lain-lain ingin mengkritik bagaimana manusia dengan mudah mempersalahkan setan apabila berbuat salah padahal manusia mencari senangnya sendiri.

Seni Dolalak yang disajikan banyak OMK menjadi bentuk sikap bahwa OMK juga mencintai budaya. Suasana makin meriah ketika vokalis grup band Jikustik Pongki Barata tampil menghibur para peserta. Pongki pun berpesan supaya OMK berani hidup dan mengedepankan kejujuran.

PDYD ditutup hari ini Minggu, (28/6/2015) dengan perayaan Ekaristi dengan selebran utama

Mgr. Julianus Sunarka. Uskup Kemo, demikian kerap disapa mengajak orang muda menjadi garam dan orang yang mampu memberi keteladanan pada masyarakat.

Selain Keuskupan Purwokerto, ada 17 keuskupan lainnya yang juga bersiap diri menyelenggarakan acara Youth Day. “Tahun ini ada 18 keuskupan yang mengadakan Youth Day. 2 keusukupan mengadakan festival budaya,”ujar Romo Hary.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.