Program Kerja dan Bahan Katekese Bulan Kitab Suci Nasional 2016

Uskup Keuskupan Atambua Mgr. Dominikus Saku.

BERTEMPAT di Aula St. Dominikus Emaus, Nela Atambua, Timor NTT, diadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev), Program Kerja Setengah Tahun, Keuskupan Atambua, serta Sosialisasi Bahan Katekese Bulan Kitab Suci Nasional Tahun 2016. Kegiatan ini dihadiri oleh para pastor paroki, pastor rekan, diakon, ketua DPP, serta para katekis se-Keuskupan Atambua.


Uskup Keuskupan Atambua Mgr. Dominikus Saku dalam arahan pembukaan menegaskan bahwa, setiap tahun kita mengadakan monitoring dan evaluasi. Satu hal penting dan menjadi catatan untuk pertemuan kita kali ini bahwa keluarga menjadi focus dan locus pastoral kita. Hal ini berdasarkan rekomendasi hasil Pertemuan Pastoral (Perpas) se-Nusa Tenggara di Mataloko, Flores, 18-22 Juli 2016 lalu.


Kita mengadakan monitoring dan evaluasi.


Monitoring artinya memantau apakah kita berada pada jalur yang benar atau tidak? Apakah kita berjalan sesuasi ajaran yang benar atau tidak? Gereja mempunyai doktrin. Gereja juga mempunyai struktur organisasi, maka kita mesti menyesuaikan kegiatan kita sesuai dengan ajaran dan struktur gereja yang benar.


Sedangkan lewat kegiatan evaluasi, kita menilai program kerja yang telah kita laksanakan berdasarkan tiga kategori; optimum, menyangkut program yang tetapi terkendali. Bonum, jumlah program pas dan wajar serta mutu terjamin  dan minimum, program kurang dan mutu terjamin.


Kegiatan monev ini dilaksanakan selama tiga hari. Hari pertama  dibuka dengan arahan pembukaan dari  Bapak Uskup Keuskupan Atambua, dilanjutkan dengan rangkuman hasil refleksi yang sudah dibuat oleh masing-masing paroki, dirumuskan oleh tim perumus. Hari kedua, laporan hasil rangkuman oleh Tim Perumus dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok, pleno hasil diskusi serta laporan akhir dan rangkuman. Sementara hari ketiga diisi dengan sosialisasi Bahan Bulan Kitab Suci Nasional 2016.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.