Posko Santo Lukas, Gereja Menjawab Bencana Banjir di Pemalang

< ![endif]-->

GEREJA yang sedemikian tanggap dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Itulah yang dikerjakan oleh Romo Mardi Usmanto Pr bersama umat Gereja Paroki St. Lukas Pemalang ketika menyaksikan keadaan sekeliling di jalur Pantura di Jawa Tengah ini kini dilanda bencana banjir bandang.

Menulis sedikit informasi di jalur lintas komunikasi di Keuskupan Purwokerto, Romo Mardi Usmanto Pr yang kini berkarya di Gereja Paroki Pemalang menulis sebagai berikut:

Menanggapi keprihatinan masyarakat Pemalang dan sekitarnya yang sedang kena musibah banjir, terbentuk Posko Bencana Alam Santo Lukas,” tulis romo diosesan (praja) Keuskupan Purwokerto ini.

Posko Bencana Alam Santo Lukas yang dikelola Paroki Pemalang dirancang bangun sebagai crisis center yang antara lain akan menyediakan barang-barang yang dibutuhkan para korban bencana banjir.

Laporan berbagai berita menyebutkan, hujan deras sepanjang hari Sabtu-Minggu telah mengakibatkan Sungai Comal meluap hingga membanjiri sedikitnya 6 kecamatan dan permukiman di sekitar Pemalang. Ketinggian banjir mencapai 1-2 meter menenggelamkan banyak permukiman penduduk, terutama yang tinggal di dekat bantaran Sungai Comal.

Enam kecamatan yang terimbas banjir oleh meluapnya Sungai Comal adalah Ulujami, Petarukan, Comal, Ampelgading, Pemalang dan Bodeh. Semuanya berada di wilayah administrative Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Pemalang banjir

Sedikitnya 3.000-an orang sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Semua jenis barang diupayakan bisa segera tersedia di Posko Santo Lukas. Itu antara lain alat tulis dan buku-buku untuk anak-anak sekolah; alat-alat kebersihan rumah, pakaian pantas pakai, sembako, obat-obatan dll.

“Sebagian hasil pengumpulan dana Natal tahun 2013 lalu juga akan disumbangkan untuk pengadaan bantuan bagi korban banjir,” tulisnya lagi.

Koordinasi petugas lapangan dan petugas posko juga telah dibentuk.

Survei dilakukan oleh korlap (koordinator lapangan) bersama Romo Hery dan beberapa relawan yang bersedia membantu tanpa lelah.

Perayaan Imlek hari Senin sore ini juga akan kesempatan untuk berbagi kebahagiaan kepada mereka yang menjadi korban bencana alam.

Pemalang banjir 3

Photo credit: Ilustrasi suasana banjir (Ist)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.