PM Malaysia Minta Keadilan Bila Pesawat MH17 Ditembak

PESAWAT MH17

PERDANA Menteri Malaysia Najib Razak menuntut keadilan segera diterapkan terhadap mereka yang bertanggung jawab jika pesawat Malaysia yang jatuh di Ukraina dipastikan terkena tembakan.

Ketika membacakan pernyataan dalam jumpa pers pada Jumat, Najib mengatakan Malaysia belum dapat memastikan apa penyebab pesawat itu jatuh ketika sedang dalam penerbangan dari Amsterdam menuju ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur.

Yang pasti, pesawat itu tidak melakukan panggilan darurat.

Dalam pembicaraan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Najib sepakat bahwa para penyelidik harus mendapatkan akses penuh ke lokasi jatuhnya pesawat.

“Pihak-pihak berwenang Ukraina meyakini bahwa pesawat itu jatuh ditembak,” kata Najib dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Kantor Berita Reuters, Jumat (18/7/2014).

“Namun demikian, pada tahap ini, Malaysia tidak dapat memastikan penyebab tragedi ini. Tapi kami harus dan akan menemukan apa yang sebenarnya terjadi terhadap penerbangan ini.”

“Jika tersingkap bahwa pesawat tersebut memang jatuh ditembak, kami bersikeras bahwa para pelaku kejahatan harus diadili.”

Ia juga mengatakan Malaysia sedang mengirimkan penerbangan khusus ke Kiev dengan bantuan penanganan bencana serta tim penyelamat.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.