Pijar Vatikan II: Kunjungan Bersejarah Paus Yohannes Paulus II ke Indonesia (21A)

< ![endif]-->

BULAN Oktober tahun 1989, akan terus dikenang sebagai bulan yang sangat bersejarah bagi umat Katolik Indonesia. Pada tanggal 9 sampai 13 Oktober 1989, Paus Yohanes Paulus II (JP2) mengunjungi Indonesia.  Kunjungan ini akan terus dikenang, terutama oleh mereka yang beruntung bisa melihat dengan mata kepala sendiri sosok Paus Yohanes Paulus II yang sangat dicintai itu.

Sampai hari ini, begitu banyak yang masih terkesan dan mengenang kunjungan Paus JP2 ini ke Indonesia. Banyak yang masih menyimpan kliping koran, gambar-gambar, dan foto-foto kunjungan Paus JP2 ke Indonesia, termasuk foto Paus  yang tercetak di piring keramik. Pernak-pernik yang sudah mulai antik dan dicari para kolektor!

Selama 5 hari, Paus JP2 benar-benar menyihir Indonesia. Semua berita, semua liputan full tersedot oleh kunjungan JP2, Paus yang besar ini!

Kala itu kunjungan seorang Paus, oleh koran dan TV kita, tidak dijadikan tabu dan tidak “dilarang” menjadi berita utama. Tidak tahu kalau sekarang. Koran Media Indonesia, selama 5 hari berturut-turut bahkan memberitakan kunjungan Paus dengan foto-foto full color yang memenuhi hampir separuh halaman depannya. Pada akhir kunjungan Paus JP2, koran ini bahkan menerbitkan lampiran khusus album kunjungan Paus di Indonesia.

Paus Yohanes Paulus II di Indonesia

Kenangan tak terlupakan

Gereja Katedral Jakarta, sejak kunjungan itu lalu punya museum “dadakan”, yang menyimpan piala, sibori, kasula, dan apa-apa saja yang pernah dipakai Paus JP2 waktu berkunjung ke Jakarta. Universitas Atma Jaya Jakarta, yang juga dikunjungi Paus JP2 ketika bertemu dengan para cendekiawan dan tokoh-tokoh Katolik, juga lalu mempunyai gedung yang dinamai Gedung Karol Wojtyła.

Kursi yang dipakai Paus JP2 di Atma Jaya menjadi “kursi keramat” dan dipajang di pojok pintu masuk gedung utama Rektorat. Seminari Ritapiret juga mengabadikan kamar yang dipakai Paus JP2 sebagai kamar kenangan, yang juga menyimpan benda-benda yang dipakai Paus.

Mengenang Paus JP2 yang besar dan pernah berkunjung ke Jakarta, Seminari Tinggi Keuskupan Agung Jakarta kini diberi nama Seminari Yohanes Paulus II. Masih dalam rangka mengenang Paus JP2 yang besar ini, Paroki Pejompongan di Jakarta, beberapa waktu lalu juga mengadakan pameran tentang Paus JP2 dan kunjungannya ke Indonesia.

Teman tahbisan saya Romo Hadiwijoyo, saking hormatnya pada Paus JP2 yang sangat mencintai Bunda Maria, pada peringatan wafat/milad Paus JP2, mengadakan acara “jalan kaki” dengan membawa patung Bunda Maria bagi perguruan silat THS/THM yang pernah didirikannya.

Sesungguhnyalah, kunjungan Paus JP2 tahun 1989 ke Indonesia itu, akan terus dikenang oleh semua lapisan umat Katolik di Indonesia. Itulah kunjungan terakhir seorang Paus ke Indonesia. Tidak terasa sudah hampir 24 tahun, belum ada lagi Paus yang berkunjung ke Indonesia. (Bersambung)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.