Pijar Vatikan di Tahun Iman: Paus Mendatang, Imam Praja atau Ordo, Eropa atau Bukan? (16A)

< ![endif]-->


  lapangan santo petrus kurve

SETELAH menggelar Sidang Umum Pra-Konklaf selama 8 hari, para Kardinal akhirnya memutuskan bahwa pemilihan Paus baru akan dimulai besok Selasa 12 Maret 2013, beberapa jam setelah kita di Indonesia merayakan Hari Raya Nyepi. Sebelum Konklaf dimulai sore hari, paginya para Kardinal akan mempersembahkan misa “Pro Eligendo Pontefice” (misa dengan ujub khusus pemilihan Paus) di Basilika Santo Petrus.

Mata dunia akan tertuju ke Vatikan.

Konklaf kali ini,akan menjadi pemilihan Paus yang paling banyak diliput media. “Press Office” Vatikan sangat sibuk. Sekretariat Konklaf, praktis ada di kantor ini. Semua pernyataan resmi Vatikan, diumumkan kepada media dan dunia melalui kantor ini.

Pastur Federico Lombardi, Direktur Press Office Vatikan, menjadi orang yang paling banyak dicari. Nama imam Jesuit ini pasti muncul setiap hari, karena ia juga ditugaskan menjadi juru bicara kepausan.

Majalah Perancis La Croix secara bergurau bahkan menyebut Lombardi pantas dipromosikan sebagai Paus.Bagi insan pers, setidaknya imam Jesuit ini sudah menjadi “Paus” mereka.

Untuk memperkuat tim yang menjadi garda depan komunikasi “Panitia Konklaf”, Pater Lombardi dibantu oleh Pastor Ciro Benedettini, seorang imam Passionis, sebagai Wakil Direktur. Dalam tim ini, juga diangkat 2 staf  baru yaitu Pastor Tom Rosica dari Kanada untuk media berbahasa Inggris dan Pastor Gil Tamayo untuk media berbahasa Spanyol. Sampai hari ini, sekretariat pers ini sudah menerbitkan akreditasi peliputan kepada 3641 jurnalis dari 968 koran, majalah, web dari 61 negara dan 24 bahasa.

Sejak Paus Benedictus XVI mengumumkan pengunduran dirinya 11 Februari lalu, sudah hampir sebulan ini, kota Roma kebanjiran pengunjung. Asosiasi Perhotelan kota Roma melaporkan, pengunjung yang datang ke Roma meningkat 20-30 persen. Permintaan tiket penerbangan ke Roma meningkat 5 kali lipat. Menurut beberapa agen perjalanan, permintaan tiket penerbangan yang paling banyak adalah dari Amerika, Canada dan negara-negara Amerika Latin, seperti Argentina dan Brasil.

Dari Itali, pengunjung yang terbanyak adalah pengunjung dari kota-kota di Itali Utara seperti Milano, Bergamo, Venezia, Firenze, Genoa, Udine. Yang mencengangkan, permintaan tiket terbanyak pada hari-hari terakhir Paus Benedictus XVI di Vatikan yang lalu, adalah dari Israel.

Dari Amerika dan negara-negara Eropa, selain para peziarah dan turis Katolik,  yang sudah mulai berdatangan adalah crew televisi, radio, media cetak dan elektronik. Crew stasiun televisi CNN, ABC, NBC, dan BBC bahkan sudah membentuk team khusus berikut “markas” mereka di Roma, untuk meliput Konklaf 2013 yang bakal heboh ini.

Diperkirakan, dalam sebulan ini sejuta orang akan membanjiri kota Roma. Lapangan Santo Petrus pasti akan menjadi lautan manusia pada saat Paus baru nanti diumumkan. (Bersambung)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.