Pesta Rakyat Tandai HUT Sewindu Paroki Kroya di Kab. Cilacap

< ![endif]-->

BERKAH Dalem,

Perayaan sewindu Paroki Tyas Dalem dilaksanakan di gereja paroki. 20 imam hadir dalam perayaan yang dipimpin langsung oleh Bapak Uskup Diosis Purwokerto Mgr. Julianus Sunarka SJ.

Tepat pukul 17.00 pada hari Selasa, 3 Desember, bertepatan dengan Pesta Santo Fransiskus Xaverius, perayaan HUT diawali dengan perarakan vandel-vandel simbol paroki, lingkungan dan stasi. Lagu “Paroki Tyas Dalem” para penari mengiring persembahan pembawa perlambang yang mempersatukan umat dari berbagai tempat di wilayah eks Distrik Kroya.

Perarakan sejumlah imam ini membuat gedung gereja yang tidak begitu luas ini serasa penuh. Ekaristi dengan tema Menjadi Ragining Urip menjadi pembahasan pesan Bapak Uskup dalam homilinya.

“Coba lihat lampu yang indah, jendela dan AC! Bandingkan dengan 13 tahun lalu saat saya pertama kami misa di sini” demikian ungkap Bapak Uskup yang disertai gelak tawa umat karena disebutkan tiga belas tahun lalu gereja seperti kandang ayam.

Namun lebih lanjut Bapak Uskup menegaskan sekarang ini umat diibaratkan masuk ke tahap sewindon, yang dalam hitungan genap jatuhnya pada kata kemil (bdk. thek, kliyek, jatha, kemil). Sewindon paroki ini umat lagi senang-senangnya makan. Ada semangat dan hidup, begitu pesan Bapak Uskup. “Ini semua tampak dari harapan-harapan umat,” ungkap Uskup sambil mengutip hasil sarasehan umat paroki menjelang ultah.

Dalam perayaan ini pula diberkati gedung gereja setelah selesai direnovasi. Mulai dari salib, mimbar, altar, panti imam dan pintu gereja serta seluruh gedung lainnya, pemberkatan dilaksanakan oleh Bapak Uskup.

Dalam sambutannya, setelah upacara komuni, Bapak Uskup kembali menegaskan tentang status gereja dan tanah Karangmangu agar di tanah Karangmangu dijadikan pasturan. Selanjutnya sebagai ungkapan syukur, Bapak Uskup berkenan menandatangani prasasti dengan didampingi romo paroki dan ketua panitia.

Paroki Kroya 1

Di akhir acara, semua umat menikmati nasi bungkus daun pisang yang dibawa oleh masing-masing umat dari stasi dan lingkungan. Tumpeng dipotong sambil menyanyikan selamat ulang tahun sewindu Tyas Dalem. Romo paroki memimpin doa berkat tumpeng.

Nasi bungkus daun pisang ini berisi oseng tempe, mie, dan telor dadar yang dibawa dalam rinjing.

Perayaan ini juga dihadiri beberapa pendeta dari gereja-gereja protestan di Kroya.

Perayaan yang berlangsung selama 2,5 jam berlangsung lancar dan hidmat. Sementara untuk memperlancar kegiatan ini jalan di depan gereja untuk sementara ditutup. “Gereja lagi punya gawe”, begitu kata masyarakat.

Kegiatan ini masih akan berlanjut dengan ramah tamah bersama masyarakat. Nanti tanggal 7 Des akan digelar wayang purwa dengan salah satu dalang adalah Romo Handi Pr.

Selamat dan profisiat sewidu paroki.

Terimakasih kepada para pemerhati dan pendukung ultah paroki. Terimakasih kepada para imam, suster, bruder yang berkenan hadir, juga pengurus DPP se-Dekenat Selatan dan segenap umat lainnya. Terimakasih kepada para pendoa-pendoa yang ikut serta merayakan HUT paroki.

Semoga makin guyub dan gayeng.

Paroki Kroya 2

Photo credit: Misa Syukur Pesta HUT Sewindu Paroki Tyas Dalem Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, 3 Desember 2013

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.