Pesona Maksimal South Bank, Brisbane (11)

SEPERTI kota Semarang yang tekstur permukimannya terbagi menjadi dua kawasan yakni Semarang Atas dan Semarang Bawah, maka Brisbane di Negara Bagian Queensland juga mengikuti hukum alam yang sama. Brisbane Atas merupakan permukiman indah dengan pola permukiman yang terdiri dari perumahan-perumahan skala besar lengkap dengan halaman depan dan belakang yang luas. Sementara Brisbane Bawah di beberapa tempat yang saya lihat memperlihatkan pola permukiman yang sedikit berbeda: flat-flat dan apartemen mewah.

Meski kedua bagian permukiman penduduk di Brisbane itu ‘terpisahkan’ secara mencolok oleh derasnya Brisbane River yang membelah kawasan itu menjadi ‘atas’ dan ‘bawah’, namun Brisbane tetaplah sebuah kota di wilayah Eastern Australia yang begitu indah panoramanya.

Salah satu kawasan terindah di Brisbane tentu saja adalah South Bank.

Disebut wilayah selatan di pinggiran Sungai Brisbane, itu karena kawasan ini memang terlebih di sisi selatan sungai besar yang membelah kota ini. South Bank dan Brisbane River ibarat pinang indah dibelah dua: keduanya menjadi satu bagian dari konsep taman, jalur pedestrian, aliran sungai yang indah dilayari berbagai jenis kapal.

South Bank

Menyusuri South Bank sungguh menjadi sebuah pengalaman jalan-jalan yang menawan. Tidak saja karena mencapai kawasan ini dari Brisbane Atas melalui jalur  Eagle Junction Railway Station begitu mudah. Tetapi juga karena South Bank secara khusus menyediakan jalur pedestrian yang luas, bersih, dan menawan.

brisbane south bank jejeran gedung dari jembatan

Dibangun persis di tubir bantaran Brisbane River, jalur pedestrian ini sesekali terdiri dari dua “tingkat”. Tingkat bawah untuk mereka yang suka duduk-duduk santai memandangi aliran Sungai Brisbane, sementara tingkat atas lebih banyak diokupasi oleh para pejalan kaki, cyclist, dan pemain roller skate yang kebanyakan anak-anak dan remaja.

Apa yang menarik di South Bank dari sudut pengamatan di bantaran Sungai Brisbane di jalur pedestrian ini? Jawabannya banyak.

Satu, menyusuri South Bank di tepi Brisbane River maka akan menemui kompleks bangunan University of Queensland and Griffith University yang terkenal. Kedua kompleks perguruan tinggi ini terletak hanya selemparan batu dari tubir Brisbane River.

Dua, kalau suka berlayar menyusuri aliran sungai maka BrisbaneRiver menyediakan jasa layanan plesiran dengan kapal-kapal khusus. Di situ ada CityCat dan CityHopper yang menjadi andalan para turis lokal dan asing untuk bisa tamasya menyusuri Brisbane River.

Brisbane south bank panjat tebing

Kata “cat” pada kapal-kapal berlabel CityCat ini sama sekali tidak berasosiatif pada “kucing”, melainkan pada kata “catamaran”. Inilah sebuah kata aborigin untuk melukiskan satu jenis kapal dimana ada dua “cakaran” kapal di permukaan air sementara di bagia tengahnya dibuat “bolong” dimana air bisa mengalir lancer tanpa hambatan di bawah bodi kapal.

Tiga, jalur khusus pejalan kaki (pedestrian) dibuat sangat lebar. Tak jarang di jalur pedestrian ini, banyak pejalan kaki berolahraga atau malah para cyclist melaju kencang dengan sepeda balapnya.

Empat, pada sudut tertentu di jalur pedestrian South Bank para pecandu olah raga naik tebing bisa menyalurkan hobinya dengan panjat tebing. Dinding cadas yang terburai rapi di sisi South Bank menjadi medan menakjubkan bagi para cliffhangers ini menguji nyali dan adrenalin mereka.

Lima, di ujung sana tak jauh dari Story Brigde yang membelah Brisbane River tersaji pemandangan indah dimana gedung-gedung pencakar langit berdiri gagah sembari memantulkan cahaya matahari di sore hari.

Brisbane south bank gedung di balik rumah

Enam, manakala ada kapal yang melintasi Brisbane River terutama pada petang hari maka aliran sungai yang terbelah oleh baling-baling kapal akan menyisakan pemandangan menakjubkan. Terutama ketika aliran sungai itu tengah bermandikan cahaya petang dan aliran itu menjadi ‘pecah’ oleh efek gelombang yang diciptakan oleh baling-baling kapal.

Tujuh, ada museum maritim berdiri di tepian South Bank.

Delapan, sebuah vihara kuno model Nepal dibangun megah tak jauh dari gedung bangunan stasiun radio dan televise Australian Broadcasting Corporation (ABC) di Roma Station.

Brisbane south bank patung instalasi

Sembilan, sebuah wind-mollen raksasa untuk kepentingan wisata anak-anak dan dewasa tersaji di ujung South Bank, persis di muka Gedung ABC.

South Bank dengan segala keindahannya sungguh merupakan pesona maksimal bagi Brisbane di sepanjang BrisbaneRiver.

Photo credit: South Bank of Brisbane (Mathias Hariyadi)

 

Tautan:  

 

 

 

 

 

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.